Icon 34
Oct, 2024

Waisak KMB-USU 2568 B.E./2024

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman semuanya! Semoga teman-teman semua sedang dalam keadaan sehat ya!

Jadi nih KMB-USU baru saja mengadakan acara pada bulan Mei kemarin dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2568 B.E./2024 tepatnya yaitu, pada hari Sabtu, 25 Mei 2024. Hari raya Waisak ini merupakan salah satu hari besar suci bagi umat Buddha. Jadi teman-teman semuanya, hari raya Waisak ini adalah hari raya yang dirayakan oleh umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting yang ada dalam kehidupan Siddharta Gautama, yang kelak menjadi Buddha. Tiga peristiwa penting itu yakni adalah:

  • Kelahiran Siddharta Gautama yang terjadi di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.
  • Pencerahan Pertapa Siddharta menjadi Buddha Gautama di Buddha-Gaya pada usia 35 tahun.
  • Wafatnya Buddha Gautama di Kusinara pada usia 80 tahun.

Acara perayaan hari raya Waisak 2568 B.E./2024 yang diadakan oleh KMB-USU pada tahun ini dengan tema ”From Prince to Sage: Enlightening the Journey of Life” yang terinspirasi dari kisah kehidupan Pangeran Siddharta Gautama yang akhirnya mencapai pencerahan dan menjadi Buddha Gautama. Pada tema ini kita diajarkan untuk menari makna yang lebih dalam dalam kehidupan kita melalui kesabaran dan ketekunan. Ajaran Buddha juga menekankan terlaksananya keseimbangan, kebijaksanaan, dan kebajikan sebagai cara untuk mengatasi penderitaan dan kedamaian batin dalam kehidupan kita. Acara ini tidak hanya mengadakan sesi kebaktian dan Dhammadesana, Namun pada acara perayaan Waisak kali ini terdapat juga beberapa acara menarik dan menghibur para hadirin, seperti penampilan vokal, tarian, dan juga terdapat penampilan drama.


Acara Waisak yang diadakan KMB-USU ini dilaksanakan secara offline dan berlokasi di Tiara Convention Center yang berada di Jalan Cut Mutia No. 1. Acara Waisak tahun ini dihadiri langsung oleh Y.M Bhikkhu Aggacito Thera, Y.M Bhikkhu Viriya Dhammo Thera, Y.M Bhikkhu Kusalacitto, Y.M Bhikkhu Ativiro dan Y.M Bhikkhu Nyanarato. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh saudara Kevin Ricardo dan saudari Alviolin selaku MC pada acara ini. Acara Waisak ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Dhammapada dan persembahan Amisa Puja sebelum sesi kebaktian dimulai. Pelaksanaan kebaktian dipimpin langsung oleh Louis Claudio dan Aurelia Lawrence Chen. Sebelum kebaktian berakhir adapun sesi pradaksina yaitu, para hadirin berjalan mengelilingi Buddha Rupang dan pada putaran ketiga para hadirin menyiram Buddha Rupang dengan air dan bunga yang dipimpin oleh Bhikkhu Sangha, kemudian dilanjutkan dengan sesi Dhammadesana yang dibabarkan oleh Y.M Bhikkhu Nyanarato. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi pelimpahan jasa dan pemercikan tirta yang dipimpin oleh Y.M Bhikkhu Aggacito Thera dan Y.M Bhikkhu Kusalacitto. Setelah sesi kebaktian berakhir, acara ini dilanjutkan dengan sesi makan bersama oleh para hadirin.

Dengan berakhirnya sesi makan bersama, acara pun dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ketua Panitia acara Waisak KMB-USU 2568 B.E./2024, saudara Julyant Anggara dan kemudian dilanjutkan oleh Ketua KMB-USU periode 2024/2025, saudara Elbert Ewaldo, dan kata sambutan yang terakhir diberikan oleh Pembina KMB-USU yaitu, Dr. Robert, S.H., M.H. Setelah penyampaian kata sambutan, acara pun dilanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada para sponsor. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi hiburan, yang dibuka oleh penampilan Tari Saman dari Dance Club KMB-USU dan kemudian dilanjutkan dengan penampilan Ballerina Cilik dari Dance Studio Stave Music, penampilan musik dan vokal oleh Frendy dan Guinivenny, penampilan biola oleh William Kwan, penampilan drama dari Sekolah Minggu Buddha ITBC (SMBITBC), penampilan dance dari Persaudaraan Muda Mudi ITBC (PMMITBC). Penampilan terakhir berupa penampilan vokal yang dibawakan oleh Grace Joylim (Top 1 Buddhayana Idol STKD 2022 & Top 2 Buddhayana Idol STKN 2022). Acara ini kemudian ditutup dengan sesi Lucky Draw yang diadakan pada penghujung acara.

Acara ini didukung oleh Tiara Convention Center dan disponsori oleh Lisvia Skincare & Anti Aging, LH Dental & Orthodontic Care, PT. Kurnia Aneka Gemilang, PT. Indra Angkola, Sakamoto Math Method, Parkway Hospitals Singapore (IHHH Healthcare/Gleneagles), Papa Mama Florist, Optiku, Biro Rektor USU, Ocean Springbed/OCF, PT. Musim Mas, PT. Rajawali Beton Indo Jaya, Growth Steel Group, PT. Indopac Control Service, King 3D, Himudo, Amigos Decoration, Bakpao Aeng, Manisan Sumatera, dan Limasatuh. Adapun media partner yang mendukung acara ini yaitu, DPC Patria Medan, Tribun Medan, Medan Review, KMB IBBI, KMB Mikroskil, KMB Loka Shanti, PMV Maha Dana, Sekber PMVBI, PMV Buddha Narada, usukece, dan anakusu.

Acaranya seru banget bukan? Jadi bila teman-teman ingin mengikuti acara lain yang diselenggarakan oleh KMB-USU, jangan lupa follow akun Instagram @kmb_usu agar teman-teman bisa mendapatkan informasi terbaru tentang KMB-USU.

Kami dari seluruh panitia Waisak KMB-USU 2568 B.E./2024 ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dan kepada donatur serta pihak lainnya yang telah membantu kelangsungan acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Sampai ketemu di acara KMB-USU selanjutnya! See You!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.