Icon 483
Jul, 2023

Waisak KMB-USU 2567 B.E./2023

Author
admin

Halo teman-teman se-Dhamma, Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Pada Minggu, 11 Juni 2023, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) telah menyelenggarakan acara perayaan hari Trisuci Waisak 2567 B.E./2023. Waisak merupakan salah satu hari raya yang penting bagi umat buddha yang diselenggarakan di bulan Juni tahun 2023 yang memperingati 3 peristiwa, yaitu kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan sempurna dan Sang Buddha Parinibbana.

Acara Waisak KMB-USU tahun ini mengusung tema “Dhamma to Begin, Enlightenment Comes Within" yang terinspirasi dari makna Trisuci Waisak. Tema ini yang mengingatkan kita akan jasa Sang Buddha dalam menemukan dan mengajarkan Dhamma kepada kita semua. Sebagai umat Buddha, penghormatan terbesar yang dapat diberikan kepada Sang Buddha adalah dengan melaksanakan Dhamma itu sendiri. Mulailah dengan melaksanakan Dhamma sebagai bentuk penghormatan kepada Beliau agar kita hidup bahagia dan mendapatkan pencerahan. Selain puja bakti dan Dhammadesana yang menjadi agenda tahunan dalam perayaan Waisak, pada perayaan kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara yang menarik, seperti penampilan vokal, magician dan juga tarian.

Acara Waisak KMB-USU dilaksanakan secara offline di Tiara Convention Center yang terletak di Jalan Cut Mutia No.1. Acara ini dihadiri langsung oleh Y.M. Bhikkhu Adicca dan Y.M. Bhikkhu Ativiro sebagai pembicara Dhammadesana. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Wilyanto, S.Kom dan Jesslyn Komala, S.Kg. selaku MC dalam acara ini. Acara Waisak dilanjutkan dengan pembacaan Dhammapada dan persembahan Amisa Puja sebelum berlanjut ke sesi kebaktian. Kebaktian kali ini dipimpin langsung oleh Syuheri dan Evelyn Vanessa. Menjelang akhir dari sesi kebaktian, Y.M. Bhikkhu Adicca dan Y.M. Bhikkhu Ativiro memimpin sesi pelimpahan jasa dan blessing, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pradaksina, di mana para hadirin berjalan mengelilingi Buddha Rupang. Setelah sesi kebaktian berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi makan bersama.

Setelah sesi makan bersama, acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ketua Panitia acara Waisak KMB-USU 2567 B.E./2023 Saudara Nicholas Yang, Ketua KMB-USU Periode 2023/2024 Saudara Albert Tanius, dan Perwakilan Pembina KMB-USU Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S. Setelah sesi kata sambutan, acara dilanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada para sponsor. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi hiburan, yang dimulai dengan penampilan Tari Saman dari Dance Club KMB-USU, penampilan vokal oleh Kevin Ricardo (Juara 1 Porseni Idol KMB-USU 2022), penampilan vokal oleh Kenzie Fortino Hsiao (Runner Up Bintang Cilik Buddhis 2023 MBI), penampilan vokal oleh Dedy (Runner Up Buddhist Idol 2023 MBI), penampilan vokal oleh Fisella Lauren (Bintang Cilik Buddhis 2023 MBI), penampilan vokal oleh Skyrio (Juara 1 Buddhist Idol 2023 MBI), penampilan magic show oleh Jay San Magician, penampilan vokal oleh Grace Joylim (Top 1 Buddhayana Idol STKD 2022 & Top 2 Buddhayana Idol STKN 2022) dan penampilan vokal oleh Khusuma Halim. Acara ini ditutup dengan penampilan Tarian Seribu Tangan (Qian Shou) oleh Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Metta Jaya (PMV Metta Jaya).

Acara ini didukung oleh Tiara Convention Center dan disponsori oleh PT Kurnia Aneka Gemilang, Lisvia Skincare & Anti Aging, Ocean Centra Furnindo, LH Dental & Orthodontic Care, Bakpao Aeng, IHH Healthcar, Growth Steel Group, PT. Sumber Mentari Bumi Capital, Deltamas, PT. Artha Prima Humatindo, Newton Thamrin, PT. Indopac Control Services, Go Snek, Sky sea Techmedia, PT. Rajawali Beton Indo Jaya, Limasatuh, Warung Vege Ahin, Pendidikan Bahasa Mandarin An jie, Apotek Jati Negara, Grateful by Vision Allianz, Mei Donuts, Mix & Max, Momento Self Photo Studio, Niang Mama, Perhimpunan Sosial Punak dan Sir Salon dan media partner PMV Loka Shanti, Sekber PMVBI, OWNMedan, Institut Modern Arsitektur dan Teknologi, KMB Mikroskil, Medan Review, usukece, anakusu dan City Radio 95.9 FM.

Acaranya seru banget bukan? Kalau teman-teman ingin mengikuti acara lain yang diselenggarakan oleh KMB-USU, jangan lupa follow akun Instagram @kmb_usu agar teman-teman bisa mendapatkan informasi terkini seputar KMB-USU.

Sampai jumpa di acara KMB-USU selanjutnya! See You!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.