Icon 556
Jun, 2022

Waisak KMB-USU 2566 B.E./2022

Author
admin

Halo teman-teman semua, Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Pada Minggu, 29 Mei 2022, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) telah menyelenggarakan acara perayaan hari Trisuci Waisak 2566 B.E./2022. Waisak merupakan salah satu hari raya penting bagi para penganut agama Buddha di seluruh dunia. Waisak atau yang disebut sebagai “Hari Buddha” sendiri memperingati 3 peristiwa penting yang berkaitan erat dengan perjalanan kehidupan Guru Agung kita, Buddha Gautama.

Hari Waisak memperingati tiga peristiwa, yakni:

  • Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.
  • Petapa Gautama mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
  • Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Acara Waisak KMB-USU tahun ini mengusung tema “Light Me Up, Light Us Up” yang memiliki makna bahwa Waisak sebagai perenungan atas pencapaian penerangan dari Buddha Gautama yang menerangi dan membawa manfaat bagi seluruh makhluk. Selain puja bakti dan Dhammadesana yang menjadi agenda tahunan dalam perayaan Waisak, juga diadakan perlombaan Fotografi dan Infografis yang diikuti oleh pemuda-pemudi Buddhis dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara Waisak yang diadakan oleh KMB-USU dilakukan secara hybrid di mana kebaktian disiarkan langsung dari Vihara Dharma Aura yang terletak di Jalan Sunggal dan dihadiri langsung oleh Y.M. Bhikkhu Adicca, serta dua Samanera yaitu Y.L. Samanera Pannaramsi dan Y.L. Samanera Uttara, untuk memberikan Dhammadesana. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Jacky Tardelim selaku MC dalam acara ini. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia acara Waisak KMB-USU 2566 B.E./2022 yaitu Jerry, Ketua KMB-USU Periode 2022/2023 yaitu Albert Yustanto, dan Perwakilan Pembina KMB-USU yaitu Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S. Setelah sesi kata sambutan, acara Waisak dilanjutkan dengan sesi kebaktian. Kebaktian kali ini dipimpin langsung oleh Julyant Anggara dan Tiffany Chencyllia. Ada juga sesi pelimpahan jasa dan blessing yang dibawakan langsung oleh Y.M Bhikkhu Adicca. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi hiburan oleh Herlina yang merupakan salah satu anggota KMB-USU yang memiliki bakat dalam menyanyi. Di kesempatan kali ini, Herlina membawakan lagu yang berjudul “Malam Suci Waisak”. Kemudian sesi yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta yaitu sesi pengumuman juara lomba infografis, lomba fotografi, dan juga pemenang lucky draw. Acara Waisak tahun ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para sponsor serta ucapan terima kasih kepada Vihara Dharma Aura dan semua media partner yang telah bersedia untuk mendukung acara Waisak KMB-USU 2566 B.E./2022.

Nah, acaranya sangat menyenangkan bukan? Kalau teman-teman ingin mengikuti acara lain yang diselenggarakan oleh KMB-USU, jangan lupa follow akun Instagram KMB-USU yaitu @kmb_usu agar teman-teman bisa mendapatkan informasi terkini mengenai acara selanjutnya dari KMB-USU.

Sampai jumpa di acara KMB-USU selanjutnya! See You!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.