Icon 1642
Jul, 2018

Peraturan Buddhist and Lifestyle PORSENI 2018

Author
admin

1. PES

Peserta: 3 orang / tim

Lokasi: Komplek Singkarak Boulevard no B30 Jl. Danau Singkarak, Sei Agul-Medan

Sistem Pertandingan: 1 tim VS 1 tim (Sistem gugur)


Lama Pertandingan : Penyisihan 10 menit waktu normal per babak, Semifinal & Final15 menit waktu normal per babak (tergantung bila berakhir seri ->Extra time ->Penalti)

Tahap Persiapan

1. Peserta wajib mendaftar ulang 30 menit sebelum pertandingan dimulai.

2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WO

3. Tim yang bertanding ditentukan dengan sistem undi pada saat Technical Meeting, dan permainan dilakukan dengan sistem gugur.

4. Permainan PES ini akan diadakan 2 hari, dimana hari pertama adalah babak penyisihan untuk mencari 4 tim yang akan masuk ke semifinal yang akan bertanding pada hari kedua dan 2 tim yang menang akan bertanding di final pada hari yang sama.

5. Urutan peserta yang bertanding ditentukan dengan sistem undi dari 3 orang yang diutus tim.

6. Tim pemenang adalah tim yang anggotanya paling banyak memenangi pertandingan.

7. Bila pertandingan 2x45 menit berakhir seri, maka akan dilanjutkan ke extra-time, dan bila masih tetap seri, maka dilanjutkan ke adu penalty.

8. Permainan menggunakan game data Pro Evolution Soccer 2017.

9. Mode permainan Exhibition dengan pertandingan klub (Pemilihan Klub yang sama diperbolehkan)

10. General Setting

a. Match Level : Top Player

b. Match Time: 10 mins (Penyisihan) / 15 mins (Semifinal & Final)

c. Overtime : ON

d. PK : Normal

e. No of Subs : 3

f. Condition: Normal

g. Injuries: ON

h. Stadium : Allianz Arena

i. Ball Type : Keputusan kedua peserta

j. Time : Night

k. Season : Summer

l. Weather: Fine

m. Strips : Keputusan kedua peserta

n. Length of Grass : Normal

o. Field Conditions : Dry

p. Camera Type : Wide

q. Game Plan diedit sendiri oleh peserta


Aturan Permainan

1. Permainan akan dilakukan di laptop yang akan disediakan oleh panitia dengan Console Joystick, di anjurkan apabila peserta memiliki console sendiri, bisa membawanya juga.

2. Dilarang mem-pause game secara tiba-tiba dengan unsur kesengajaan untuk mengganggu permainan.

3. Segala bentuk kesengajaan yang menggangu jalannya pertandingan akan diberi sanksi. 3 x peringatan langsung dianggap kalah.

4. Apabila terjadi kesalahan/gangguan teknis seperti Joystick hang, laptop bermasalah yang FATAL, maka keputusan akan diserahkan kepada pihak panitia.

5. Keputusan panitia tidak dapat diganggu-gugat.


2. DoTA II

Peserta: 6 orang / tim, 5 inti 1 cadangan

Lokasi: Las Vegas, Jalan Sumatera


Peraturan Umum

  1. Harus melakukan pendaftaran ulang 30 menit sebelum permainan dimulai,dimana anggota tim sudah harus hadir semua.
  2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WO.
  3. Pertandingan dilakukan dengan sistem Group (setiap tim akan bertemu 1x).
  4. Permainan yang dilakukan adalah Best Of Two ( team yang paling banyak memenangkan pertandingan dalam 2 game adalah pemenangnya) .
  5. Team dengan poin tertinggi akan menjadi juara.
  6. Sistem penilaian yang diberlakukan adalah :
    • Win = 3 poin, Draw = 1 poin, Lose = 0 poin
    • Jika terdapat jumlah poin yang sama, maka akumulasi match (pertandingan) yang dimenangkan akan menentukan juara
  7. Captain Mode , posisi Radiant & Dire ditentukan Flip Coin in-game .
  8. No Restricted Item .
  9. No banned hero
  10. Backdoor allowed
  11. Blocking Creep Allowed
  12. Chat to all tidak diperbolehkan kecuali permintaan pause dan menyerah (GG) .
  13. Penggunaan semua jenis bug, script, dan illegal tools akan diDISKUALIFIKASI
  14. Teammate Killing allowed (deny)
  15. Dilarang mem-pause game secara tiba-tiba dengan unsur kesengajaan untuk mengganggu permainan.
  16. Dilarang menggunakan Chat Wheel yang bersifat all.
  17. Team yang sudah mengetik GG (permintaan menyerah) pada Chat to all tidak boleh men-cancel permintaan tersebut.
  18. Bagi pemilik Battlepass tidak diperbolehkan melakukan TIP kepada pemain lain.
  19. Diperbolehkan membawa Equipment (Mouse, Keyboard, dll) milik pribadi. (Equipment dipasang 5 menit sebelum permainan dimulai).
  20. Dota Plus Allowed.
  21. Uang net di tanggung masing-masing peserta team.


Peraturan Permainan

  1. Pause game hanya dapat dilakukan jika ada masalah teknis
  2. Jika terjadi DC pada pemain salah satu tim, game akan di-pause hingga pemain tersebut reconnect kembali.
  3. Jika semua pemain DC (blackout) dibawah 30 menit, maka game akan diulang (samehero), apabila diatas 30 menit maka pemenang ditentukan berdasarkan hasil pertimbangan juri (berdasarkan kill death dan tower yang hancur).
    1. Point berupa : Kill : +1 Tower 1 : +1 Tower 2 : +2 Tower 3 : +3 Tower dalam : +4 Ranged Barrack : +4 Melee Barrack : +5 Shrine : +2
    Bila point seri maka Death akan dilihiat . Death team yang lebih banyak dianggap kalah
  4. No time limit
  5. Peringatan akan diberikan sebanyak 1 kali dan jika ada peringatan yang kedua kali, maka team akan didiskualifikasi.
  6. Pemenang adalah tim yang pertama kali menghancurkan Ancient musuh.
  7. Bila salah satu tim menyerah, maka otomatis tim lawan akan menjadi pemenang.

Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat dengan alasan apapun.


3. Mission Rush

Jumlah peserta : 6 orang
Peserta : Minimal 2 perempuan dan 2 pria ikut bermain
Lokasi : USU

Peraturan Umum

  1. Misi atau system pertandingan pada setiap babak berbeda-beda, dan akan diberitahukan pada hari H.
  2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WO
  3. Akan ada briefing tambahan pada hari H mengenai jenis pertandingan yang akan dijalani, oleh sebab itu tim harus hadir tepat waktu.
  4. Satu tim wajib memakai baju dengan warna yang sama (peserta sebaiknya melapor ke panitia maksimal sehari sebelum pertandingan untuk menghindari peserta antar tim yang memilih warna yang sama).
  5. Tim diperbolehkan melaporkan warna baju ke panitia dalam jangka waktu seminggu hingga 1 hari sebelum pertandingan.
  6. Peserta harus memakai sepatu.
  7. Peserta sebaiknya membawa baju ganti dan celana ganti.
  8. Pada setiap babak, ada pendaftaran ulang. Peserta DIWAJIBKAN sudah hadir (lengkap) 30 menit sebelum pertandingan untuk daftar ulang.
  9. Setiap tim akan ditemani oleh 1 PJ. Anggota tim dilarang berpencar hingga tempat yang tidak terlihat oleh PJ tim tersebut.
  10. Jika ada anggota tim tidak bisa hadir pada pertandingan berikutnya, maka penggantian pemain harus diberitahukan pada akhir pertandingan kepada panitia daftar ulang pada pertandingan sebelumnya. Misalnya tim lolos masuk ke babak II, tetapi A tidak bisa hadir, maka penggantian pemain harus melaporkan maksimal sehari sebelum pertandingan selanjutnya.
  11. Panitia berhak menghentikan pertandingan untuk sementara bagi tim yang terkait jika ada masalah (tindak kekerasan, cedera, dll).
  12. Bila ada peserta yang melakukan tindakan kekerasan, maka team tersebut akan didiskualifikasi.
  13. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.


4. Berpacu dalam Melodi

Jumlah peserta : 3 orang/tim
Peserta : Bebas

Lokasi: Komplek Singkarak Boulevard no B30 Jl. Danau Singkarak, Sei Agul-Medan


Peraturan Umum

  1. Urutan tim akan diundi pada saat Technical Meeting.
  2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WOPeserta wajib mendaftar ulang 30 menit sebelum pertandingan dimulai.
  3. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin terbanyak.
  4. Stage 1 hingga stage terakhir dimainkan perebutan poin.
  5. Pemain dilarang menggunakan gadget saat pertandingan berlangsung. (pemain akan didiskualifikasi apabila kedapatan melanggar aturan).
  6. Sistem permainan ini yaitu soal berebut.


5. Cepat Tepat

Jumlah peserta: 3 orang/tim

Peserta: Bebas

Lokasi: Komplek Singkarak Boulevard no B30 Jl. Danau Singkarak, Sei Agul-Medan

Jenis soal: Pertanyaan Mengenai Pengetahuan Umum dan Buddhis


Peraturan Umum

  1. Peserta wajib mendaftar ulang 30 menit sebelum pertandingan dimulai.
  2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WO
  3. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin terbanyak.
  4. Babak penyisihan dilakukan dengan ujian tulis yang terdiri dari 40 soal. Poin penilaianyang diberikan yaitu: benar +4, salah -1, kosong 0.
  5. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan babak semifinal dan final dengan sistem lisan.
  6. Pemain dilarang menggunakan gadget saat pertandingan berlangsung. (pemain akan didiskualifikasi apabila kedapatan melanggar aturan).


6. Board Game

Jumlah peserta : 3 orang/tim
Peserta: Bebas

Lokasi: Komplek Singkarak Boulevard no B30 Jl. Danau Singkarak, Sei Agul-Medan

Sistem Pertandingan: 1 tim VS 1 tim (sistem gugur)


Peraturan Umum

  1. Harus melakukan pendaftaran ulang 30 menit sebelum permainan dimulai,dimana anggota team sudah harus hadir semua.
  2. Team yang tidak hadir atau belum lengkap dalam 30 menit akan dinyatakan WO
  3. Tim yang bertanding ditentukan dengan sistem undi pada saat Technical Meeting, dan permainan dilakukan dengan sistem gugur.
  4. Tim hanya boleh mengutus 1 anggota team untuk setiap jenis board game pada saat satu babak berlangsung.
  5. Apabila dalam satu tim memenangkan 2 jenis permainan board game, maka tim tersebut langsung melaju ke babak selanjutnya.
  6. Anggota yang sebelumnya bermain di satu jenis permainan board game, boleh memainkan board game jenis lain di babak berikutnya.


Peraturan Permainan

1. Othello
  • 1 tim mengutus 1 orang untuk melakukan permainan othello.
  • Pemanggilan wasit melebihi 3 kali akan dianggap WO.
  • Pertandingan akan dilakukan sekaligus oleh 2 tim artinya akan ada 3 pertandingan yang akan dilakukan sekaligus.
  • Permainan dimulai dengan dua disc hitam dan dua disc putih.
  • Pemain disc hitam ditentukan menggunakan koin.
  • Permainan hitam selalu mendapat giliran pertama dan setelah itu bermainan bergantian.
  • Setiap peserta diberikan waktu maksimal 25 menit
  • Timer diberhentikan dan dijalankan oleh panitia.
  • Pada setiap giliran, pemain menaruh discnya pada papan tepat disebelah disc lawan pada kotak papan yang kosong sehingga membentuk suatu garis lurus dimana pada kedua ujung garis yang terbentuk terdapat disc pemain tersebut. Disc lawan berada ditengah-tengah garis yang terbentuk.
  • Setiap disc lawan yang berada ditengah garis yang terbentuk akan dimiliki oleh yang terbentuk akan dimiliki oleh pemain tersebut.
  • Setiap disc yang telah diletakkan diatas papan bisa berubah warna berkali-kali, namun tidak bisa bergeser atau dipindahkan dari papan permainan.
  • Pemain bisa memiliki disc lawan lebih dari satu garis lurus pada setiap giliran selama memenuhi kriteria.
  • Pemain tidak boleh melewati gilirannya (pass), kecuali tidak ada lagi jalan yang legal.
  • Permainan berakhir jika :
    • tidak ada lagi jalan legal untuk kedua pemain atau seluruh papan telah terisi penuh oleh disc.
    • Waktu bermain berakhir.
  • Pemain dikatakan menang jika jumlah disc lebih banyak dari jumlah disc lawan.


2. Scrabble

Peraturan disesuaikan dengan peraturan umum dengan modifikasi sebagai berikut:

  1. 1 tim mengutus 1 orang untuk melakukan permainan scrabble.
  2. Pemanggilan wasit melebihi 3 kali akan dianggap WO.
  3. Sistem permainan adalah simultan dan masing-masing peserta mendapat jatah waktu 25 menit.
  4. Pertandingan akan dilakukan sekaligus oleh 2 tim artinya akan ada 3 pertandingan yang akan dilakukan sekaligus.
  5. Timer diberhentikan dan dijalankan oleh panitia.


Sistem Permainan :

  1. Sebelum permainan dimulai, pantia akan menyusun tiles pada papan permainan dengan susunan 25 di bagian kanan atas, 25 di bagian kanan bawah, 25 di bagian kiri atas, dan 25 di bagian kiri bawah (100 tiles). Setelah dihitung, tiles dimasukkan kembali ke dalam box atau kantong dan diacak.
  2. Peserta masing-masing mengambil satu tile dari dalam kantong untuk menentukan urutan bermain. Pemain yang mengambil abjad lebih awal, dengan tile kosong mengawali huruf A, mendapat giliran pertama. Tiles yang telah diambil dikembalikan.
  3. Pemain pertama mengambil 7 tiles dan pemain pertama memulai permainan (dengan timer yang ditekan panitia).
  4. Setiap peserta diberikan waktu maksimal 25 menit
  5. Pemain pertama memulai waktu bermainnya dan menggabung 2 atau lebih tiles menjadi sebuah kata yang legal dan menaruhnya di atas tanda “bintang” di tengah papan. Peletakkan dapat dilakukan secara vertikal atau horizontal. Setelah pemain pertama selesai, dilanjutkan oleh pemain kedua.
  6. Peserta harus menyatakan nilai dari kata yang telah diletakkan sebelum peserta mengizinkan panitia menekan timer/pemain selanjutnya mendapat giliran.
  7. Setelah menekan timer, pemain tidak dapat mengubah kata yang telah diletakkan karena dianggap telah menyelesaikan gilirannya. Tiles yang telah diletakkan di atas papan tidak dapat diubah atau ditarik kembali.
  8. Jika pemain dapat meletakkan seluruh tiles (7 buah) menjadi sebuah kata dalam satu siklus, pemain melakukan BINGO, dan diberikan tambahan poin sebanyak 50 poin.
  9. Jika tiles dalam kantong berjumlah 7 atau kurang, pemain tidak dapat mengganti tiles tetapi masih diizinkan untuk melakukan pass
  10. Jika pemain meletakkan kata atas saran atau bantuan orang lain, panitia mempunyai hak untuk membatalkan kata dan memberi kesempatan kepada pemain untuk meletakkan kata lain jika durasi pemain masih mencukupi.
  11. Sebuah kata dengan arti yang sama boleh diletakkan lebih dari satu kali, termasuk kata-kata baku dengan komposisi huruf yang berbeda (adz-adze), (ax,axe), dsb, atau kata-kata dalam bentuk lain (simple past atau past participle), atau penggunaan subjek berbeda (be, have, dsb).
  12. Jika sebuah kata dichallenged oleh lawan main, panitia akan menghentikan game sejenak dan memeriksa kata pada “COLLINS SCRABBLE WORD LIST 2015 (CSW15)”.
  13. Dalam hal ini panitia menggunakan aplikasi “Scrabble Checker” dengan pengaturan mode CSW15 (UK and Other countries).
  14. Jika kata yang diperiksa sah, pemain mendapatkan tambahan nilai sebesar 5 poin per kata yang dichallenge. Pemain dapat melakukan challenge terhadap lebih dari satu kata dalam satu siklus yang sama.
  15. Jika kata yang dichallenged tidak sah, tiles harus ditarik kembali tetapi nilai dari kata yang dichallenged tidak akan diberikan kepada pemain yang mengajukan challenge dan pemain yang diajukan challenge kehilangan gilirannya.
  16. Jika sebuah kata tidak dichallenged oleh lawan main, kata tersebut dianggap sah.
  17. Permainan dihentikan sementara jika:
    1. Ada protes yang membutuhkan keputusan koordinator permainan
    2. Papan dan tiles teracak akibat ketidaksengajaan atau sebagainya. Panitia akan menentukan apakah akan diberikan waktu tambahan atau tidak. Durasi dari waktu tambahan ditentukan oleh panitia.
  18. Jika kata pertama dari permainan dichallenged dan kata tersebut tidak sah, tile double word (tanda “bintang”) masih dapat diletakkan kata untuk giliran selanjutnya.
  19. Pemain tidak diperbolehkan untuk menggunakan kamus atau pengecek kata selama permainan. Panitia yang akan mengecek kata.
  20. Permainan berakhir jika:
    1. Salah satu pemain telah memakai semua tilesnya dan tidak ada tiles yang tersisa dalam kantong.
    2. Kedua pemain melakukan pass selama 3 siklus secara beruntun tanpa mengganti tiles.
    3. Waktu bermain berakhir.
  21. Panitia akan memberi pemberitahuan kepada peserta jika waktu sudah habis.
  22. Peraturan terkait sisa tiles di akhir permainan:
    1. Dalam hal kedua pemain masih memiliki sisa tiles di akhir permainan, nilai total pemain dikurang dari nilai dari sisa tiles pemain.
    2. Dalam hal hanya salah satu pemain yang memiliki sisa tiles sedangkan lawan main telah menyelesaikan seluruh tiles miliknya, nilai dari sisa tiles pemain dikali 2 dan ditambahkan ke nilai total lawan main yang telah menyelesaikan seluruh tiles miliknya.
  23. Seorang pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila:
    1. Nilai total dari pemain lebih tinggi dari lawan mainnya pada akhir dari permainan
    2. Lawan main walk out (WO)
  24. Pelanggaran aturan yang dilakukan oleh pemain dapat dikenai sanksi berupa diskualifikasi
  25. Setelah permainan, pemain harus menandatangani slip nilai dan jika sudah menandatanganinya, hasil dari permainan tidak dapat diubah.
  26. Selama permainan, pemain tidak boleh berkomunikasi satu sama lain atau dengan orang lain dan tidak boleh melihat kamus, kamus elektronik, dsb.
  27. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.


3. Catur

Peraturan disesuaikan dengan peraturan umum dengan modifikasi sebagai berikut:

  1. 1 tim mengutus 1 orang untuk melakukan permainan catur.
  2. Pemanggilan wasit melebihi 3 kali akan dianggap WO.
  3. Sistem permainan adalah simultan dan masing-masing peserta mendapat jatah waktu 30 menit.
  4. Pertandingan akan dilakukan sekaligus oleh 2 tim artinya akan ada 3 pertandingan yang akan dilakukan sekaligus.
  5. Timer diberhentikan dan dijalankan oleh panitia.
  6. Ketika terjadi remis. Maka permainan dinyatakan seri dan harus mengulangi pertandingan tersebut jika kedua tim sama-sama memenangkan 1 pertandingan.
  7. Remis dapat terjadi dalam keadaan :
    1. Raja tidak dalam posisi skak namun tidak dapat melangkah lagi karena jika melangkah akan terjadi skak.
    2. Terjadi gerakan bolak-balik terhadap bidak yang sama oleh kedua pemain sebanyak 3x berturut-turut.
  8. Bila terjadi remis ketika pada catur ketika tiap jenis permainan lain dimenangkan oleh kedua pihak, maka akan dilakukan tanding ulang dengan masing - masing pemain mendapat jatah 15 menit. Jika hasil yang diperoleh kembali remis, maka akan dilakukan penghitungan bidak. (khusus catur)
  9. Bidak catur yang sudah terpegang oleh tangan, harus dijalankan. Jika memegang bidak yang lain maka pemain tersebut dianggap kalah.
  10. Pion yang sudah mencapai ujung pertahanan lawan boleh digantikan apapun, kecuali raja.
  11. Sistem Rokade (pergantian tempat benteng dan raja) diberlakukan. Langkah untuk rokade adalah raja terlebih dahulu dipindahkan, kemudian baru benteng dipindahkan.
  12. Rokade TIDAK BERLAKU jika :
    1. Raja telah bergerak walaupun telah kembali keposisi semula.
    2. Benteng yang dipilih telah bergerak.
    3. Di antara raja dan benteng ada bidak lain baik milik sendiri ataupun milik lawan.
    4. Raja dalam kondisi di skak.
    5. Raja berakhir dalam skak. Misalnya setelah dilakukannya rokade raja dalam kondisi skak oleh bidak lawan, maka rokade TIDAK dapat dilakukan.
    6. Raja dan benteng yang dipilih harus berada pada barisan terakhir pertahanan sendiri.
  13. Sistem En Passant DIPERBOLEHKAN. En Passant adalah gerakan menangkap pion ketika pion lawan bergerak dua langkah dan pion sendiri berada disebelah pion yang bergerak tersebut. Pion sendiri dapat memakan pion lawan seakan-akan pion lawan hanya bergerak satu langkah.
  14. Jika suatu tim menang di babak penyisihan, maka tim tersebut TIDAK DIPERBOLEHKAN mengganti pemain dari babak penyisihan pertama dengan pemain dari 1 tim.
  15. Jika pemain dalam satu tim tidak dapat bertanding karena cedera atau alasan yang logis bisa digantikan dengan pemain lain dalam satu tim tersebut tetapi harus disertai dengan bukti mengapa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti pertandingan.
  16. Jika waktu pemain sudah habis dan pertandingan belum selesai, maka pemain tersebut dinyatakan kalah.
  17. Apabila dalam suatu permainan, pada suatu ketika tidak pernah lagi terjadi proses makan-dimakan dan juga tidak pernah ada bidak yang dilangkahkan selama 50 langkah berturut-turut, maka salah seorang pemain dapat menuntut remis berdasarkan ketentuan ini. Peraturan ini bermaksud untuk mencegah pemain yang bertele-tele dan tidak menentu. Bila ada pemain yang terus bermain walaupun kemungkinan menang baginya sudah tidak ada.