Icon 614
May, 2022

Pelatihan & Pemantapan Organisasi KMB-USU 2022

Author
admin

Halo teman-teman!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Kegiatan Pelatihan dan Pemantapan Organisasi KMB-USU pada tahun 2022 ini mengambil tema “Let’s Get in Shape”, di mana kegiatan ini diharapkan dapat melatih soft skill para mahasiswa Buddhis stambuk 2021 serta menjalin hubungan yang lebih akrab antara satu sama lain. Tema ini dipilih dengan harapan bahwa kegiatan ini akan membentuk sifat dan mindset profesional pada peserta, sehingga mereka menjadi lebih siap untuk turut dan berkontribusi di dalam organisasi. Kegiatan ini dihadiri oleh 37 peserta dari berbagai fakultas dan dilakukan secara online dikarenakan situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan PPO KMB-USU 2022 diadakan pada Hari Minggu, 20 Maret 2022 yang dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan diawali oleh Pembukaan oleh MC, Nelson Thaddeus, serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU. Kegiatan ini tentunya tidak lengkap tanpa diawali oleh kata sambutan dari Santana Fourtune Lingmin selaku Ketua Panitia PPO KMB-USU 2022, Albert Yustanto selaku Ketua KMB-USU Periode 2022/2023, serta Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S. selaku perwakilan Pembina KMB-USU 2022, dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sejarah, komite, serta struktur KMB-USU periode 2022/2023 oleh Kevin Kaonedy selaku Ketua Komite KMB-USU Periode 2022/2023.

Sesi selanjutnya yaitu sesi ice breaking yang dibawakan oleh MC. Sesi ini diadakan untuk memacu peserta agar lebih bersemangat. Pada ice breaking ini, peserta memilih angka pada tabel sesuai dengan cara bermain games BINGO, dan kemudian diberikan kesempatan untuk menjawab soal sesuai dengan angka yang telah dipilih. Setelah selesai sesi ice breaking, MC mempersilahkan saudara Michael, S.T., salah satu alumni Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik USU 2016 selaku pemateri seminar yang berjudul “Set Your Goals and Win The World”. Seminar berlangsung selama 40 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 10 menit.

Setelah kegiatan seminar selesai, peserta diajak untuk bermain games kembali. Games yang dimainkan ada dua yaitu, “Guess Who?” dan “Connecting Me To Be Something”. Sebelum memainkan games, semua peserta dibagi menjadi 6 kelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 6-7 orang dan dipandu oleh satu Penanggung Jawab (PJ) Team. Games utama yang dimainkan adalah “Guess Who?” yang dimainkan selama 15 menit. Tujuan dari games ini yaitu untuk mendekatkan para peserta dengan menebak deskripsi dari pemain. Games selanjutnya yaitu “Connecting Me To Be Something” yang dimainkan selama 15 menit dengan menggambarkan sebuah benda, hewan, dst., dari bentuk yang telah ditampilkan. Dengan berakhirnya sesi games ini, para peserta diberikan waktu untuk istirahat makan siang (lunch break) selama 40 menit.

Setelah istirahat makan siang, peserta diajak untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berorganisasi bagi para anggota-anggota KMB-USU, yaitu sesi Study Case. Nah, di Study Case ini peserta akan dibagi menjadi enam kelompok dengan nama kelompok yang dibuat berdasarkan tema acara kita, Let’s Get in Shape, yaitu Sphere, Cylinder, Cube, Pyramid, Torus, dan Prism. Masing-masing kelompok akan diberikan waktu 1 jam 30 menit untuk berdiskusi dan membuat poster serta Power Point untuk menjelaskan dan mempromosikan setiap kegiatan sesuai dengan tema yang didapatkan setiap kelompok. Tema kegiatan yang akan didiskusikan berupa Waisak, Porseni, dan Workshop dibagikan untuk setiap kelompok dengan memutar wheel untuk masing-masing tema.

Setelah semua kelompok mendapatkan tema kegiatan yang akan didiskusikan, masing-masing kelompok di-assign ke dalam breakout room bersama dengan PJ. Selanjutnya, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi mereka, di mana para juri serta peserta dipersilakan untuk memberikan pertanyaan mengenai hasil diskusi kelompok. Penilaian Study Case ini dilakukan oleh tiga orang juri.

Di penghujung acara, peserta diberikan penjelasan mengenai kesimpulan acara PPO KMB-USU 2022 oleh ketua panitia. Setelah selesai mendengarkan kesimpulan dari diadakannya acara PPO KMB-USU 2022, sampailah pada sesi yang mendebarkan, yaitu pengumuman pemenang Study Case yang akan dibacakan oleh MC. Sesi Study Case ini dimenangkan oleh Kelompok Sphere. Selanjutnya, acara PPO KMB-USU 2022 ini diakhiri dengan sesi foto bersama serta penutupan oleh MC.

Nah, demikianlah pemaparan kegiatan Pelatihan dan Pemantapan Organisasi KMB-USU 2022.

Semoga kita dapat berjumpa di acara-acara KMB-USU selanjutnya ya!Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.