Icon 1718
Jul, 2018

Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) - Leadership Begins With You

Author
admin
Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) mengadakan Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) pada tanggal 04 Maret 2018 berlokasi di Aula Nazir Alwi Fakultas Kedokteran Gigi (Jalan Alumni No. 2 Kampus USU).

Acara ini dimulai dari masa kehadiran peserta pada jam 7.00 – 07.45. Dilanjutkan pembukaan acara oleh MC dan mempersilahkan ketua panitia untuk menyampaikan Laporan Kegiatan PPO. Selanjutnya kata sambutan oleh ketua KMB-USU dan diikuti Penjelasan struktur KMB-USU periode 2018-2019 oleh ketua KOMITE KMB-USU.

Pada acara PPO ini diikuti oleh 36 peserta dari berbagai fakultas yang selanjutnya peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan 1 PJ Team masing-masing sambil memikirkan yel-yel setiap kelompok. Dalam acara ini terdapat 2 kali seminar dengan topik yang berbeda, terdapat 2 sesi games yang berbeda pula inti dan tujuan dari setiap sesi games tersebut. Seminar 1 dibawakan oleh Johannes Tanaka, Fakultas Kedokteran USU 2015 tentang Personality and Leadership. Dan dilanjutkan dengan seminar 2 yang dibawakan oleh Darwin, S.T. Fakultas Teknik Departemen Teknik Sipil USU 20** tentang Time Management dan Tujuan Berorganisasi Bagi Mahasiswa.

Setelah selesai 2 sesi seminar, selanjutnya peserta bermain games. Dimana sesi games 1 ini memiliki tujuan untuk mendekatkan dan membangun kekompakan antar setiap peserta yang berasal dari fakultas yang berbeda-beda. Games ini berlangsung selama 1 jam 40 menit diluar ruangan. Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.15 peserta istirahat sejenak dan makan siang.

Selesai makan siang, peserta menampilkan yel-yel yang sudah mereka persiapkan sebelumnya. Berbagai ide kreatif yang dimunculkan peserta membuat mereka saling termotivasi agar bisa memberikan yang terbaik dalam penampilan yel-yel tersebut.

Selanjutnya peserta memainkan games 2, dimana games kedua ini melatih personality sekaligus melatih bagaimana cara untuk berpikir kritis. Selama 1 jam 40 menit peserta bermain di games kedua. Sampai juga pada penghujung acara dimana peserta memberikan penampilan yang berupa nyanyian sebagai rasa terima kasih peserta kepada panitia yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan melatih mereka di acara PPO ini. Dan acara ditutup dengan foto bersama.