Icon 515
Jun, 2024

Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) KMB-USU 2024

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman semuanya! KMB-USU is back!

Di tahun 2024 ini, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) yang diselenggarakan pada hari Minggu, 10 Maret 2024 dan berlokasi di Aula Nazir Alwi Fakultas Kedokteran Gigi (Jalan Alumni No. 2 Kampus USU) dengan tema “One Team, One Dream”. Makna dari tema ini adalah di mana sebuah tim, yang dalam konteks ini adalah KMB-USU, memiliki mimpi yang ingin dicapai bersama.

Hmm, tapi Acara PPO KMB-USU itu apa ya? Jadi, Pelatihan dan Pengembangan Organisasi (PPO) itu merupakan suatu wadah bagi anggota KMB-USU stambuk 2023 untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam organisasi dan juga melatih soft skills khususnya dalam kehidupan berorganisasi.

One Team, One Dream” juga menjelaskan bahwa kehidupan dalam sebuah organisasi tidak hanya memberikan rasa lelah, stres, dan kelelahan semata. Namun, berorganisasi juga dapat membuat kita mendapatkan banyak relasi dan banyak sekali pengalaman yang berharga.

Kegiatan PPO KMB-USU 2024 ini dibuka oleh Stephany selaku MC PPO, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Lorenzo Liunardo selaku Ketua Panitia PPO 2024, Elbert Ewaldo selaku Ketua Umum KMB-USU Periode 2024/2025 dan Dr. Robert, S.H., M.H. selaku perwakilan Pembina KMB-USU. Kemudian diteruskan dengan penjelasan mengenai sejarah, struktur kepengurusan KMB-USU, serta pengenalan komite KMB-USU periode 2024/2025 oleh Kevin selaku Ketua Komite KMB-USU periode 2024/2025.

Kemudian, MC mempersilakan Gary Alvaro, yang merupakan alumni dari KMB-USU, dan memiliki banyak pengalaman dalam berorganisasi untuk membawakan seminar dengan judul “Kupu-Kupu dan Kura-Kura” yang berlangsung selama 45 menit dan diakhiri dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Pada sesi seminar ini, dipaparkan materi mengenai kehidupan kampus, cara untuk membagi waktu antara kuliah dan kehidupan berorganisasi, serta banyak tips & trick dalam menjalani kehidupan perkuliahan yang dapat diselingi dengan organisasi. Para peserta terlihat antusias dan banyak bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung.

Lalu, acara dilanjutkan dengan sesi games, para peserta dibagi menjadi 6 tim yang masing-masing akan memiliki satu Penanggung Jawab (PJ) dalam tim tersebut. Para PJ memperkenalkan diri dan menghampiri kelompok masing-masing untuk mengajak peserta saling berkenalan antara sesama anggota kelompok dan bersiap-siap untuk bermain games. Games dibagi menjadi 2 sesi dengan masing-masing sesi berisikan 3 games dalam bentuk pos. Waktu keseluruhan untuk games adalah 75 menit. Ada 3 pos dalam setiap sesi, setiap pos akan mempertemukan 2 kelompok dan akan dipandu oleh PIC (Person In Charge) masing-masing games. Sesi 1 terdiri dari games “Roll The ball”, “Can You Guess Me?”, dan “Don’ Let It Down” yang sangat melatih kekompakan dan mengeluarkan jiwa kompetitif dari para peserta. Dilanjutkan oleh sesi 2 yang terdiri dari gamesMagic Space”, “Connecting”, dan “KABOOM!”. Dalam semua sesi games ini, setiap kelompok akan berlomba untuk memenangkan games agar bisa memperoleh poin yang dapat mereka tukarkan nantinya untuk membeli peralatan tulis di sesi Study Case. Dengan berakhirnya sesi Games, para peserta diberikan waktu untuk istirahat makan siang (lunch break) selama 45 menit.

Setelah sesi makan siang, acara kembali dibuka oleh MC dan dilanjutkan ke sesi Study Case. Pada sesi ini, peserta diajak untuk mengenal beberapa acara yang menjadi agenda tahunan KMB-USU yang dapat meningkatkan kemampuan berorganisasi. Para peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yang masing-masing merupakan gabungan dari 2 tim pada sesi games sebelumnya. Konsep study case ini adalah peserta akan membentuk dan mempromosikan acara-acara yang ada dalam KMB-USU. Perwakilan kelompok mengambil kertas undian yang berisikan tema kepanitiaan, yaitu Workshop, Asadha, dan Family-Time. Kemudian peserta akan berdiskusi mengenai gambaran kasar dan PJ kelompok menukarkan poin yang didapatkan dari sesi games ke meja yang dijaga oleh 2 panitia. Masing-masing kelompok diberikan waktu 1 jam untuk berdiskusi, membuat konsep acara, men-design poster dan men-design tiket. Kemudian, ketiga kelompok akan berkeliling venue selama 1 jam untuk mempromosikan acara mereka kepada para juri dan menjual tiket kepada juri.

Tidak terasa, 2 jam pun telah berlalu dan sesi penjurian akan dimulai, di mana juri yang berjumlah 9 orang akan menilai hasil kerja, presentasi setiap kelompok, dan menghitung jumlah tiket yang terjual. Di samping itu, setiap PJ akan mewawancara setiap anggota kelompoknya dalam sesi interview. Sembari menunggu proses penilaian dari juri dan interview oleh PJ, semua peserta menikmati snack yang dibagikan dan short movie yang ditampilkan oleh panitia pada sesi Snack Time.

Sebelum pengumuman pemenang, peserta diarahkan untuk mengisi form feedback. Setelah itu, tibalah pada saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap peserta, yaitu sesi pengumuman pemenang yang akan diumumkan oleh MC. Sesi Study Case PPO tahun ini dimenangkan oleh kelompok dengan topik Workshop:Cooking Time with KMB-USU”. Dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada kelompok pemenang oleh ketua panitia. Kemudian ketua panitia membagikan sertifikat kepada semua peserta sebagai tanda apresiasi karena telah mengikuti seluruh kegiatan PPO dari awal rangkaian acara hingga akhir. Setelah itu, acara PPO KMB-USU ditutup oleh MC dengan sesi dokumentasi bersama dengan semua peserta, PJ, panitia, serta pengurus.

Wah, seru sekali bukan? Di acara PPO ini, para peserta bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan relasi mereka dengan orang-orang baru, memperkuat kekompakkan tim, dan menambah pengetahuan dan wawasan melalui berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Para peserta juga mendapat banyak pengalaman dari seluruh rangkaian acara yang tentunya bermanfaat untuk kehidupan berorganisasi nantinya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengikuti acara PPO ini, sehingga tidak heran acara PPO KMB-USU menjadi agenda tahunan dari KMB-USU.

Demikianlah ulasan singkat mengenai PPO KMB-USU 2024. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada semua panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara PPO KMB-USU 2024 ini. Dan juga terima kasih pada semua peserta yang sudah berpartisipasi dengan aktif dan semangat di sepanjang acara.

Seru banget yah acara PPO KMB-USU 2024 ini! Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan!

Jadi, agar teman-teman tidak ketinggalan info acara-acara yang gak kalah seru dari PPO KMB-USU 2024 ini, yuk ikuti akun Instagram @kmb_usu. Jangan sampai ketinggalan beritanya, lho!

Sampai bertemu di acara KMB-USU selanjutnya! Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.