Icon 512
May, 2023

Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) KMB-USU 2023

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya. Kembali lagi dengan hot news dari KMB-USU!

Halo teman-teman semuanya! Bagaimana kabar kalian? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat yaaa!

Di tahun 2023 ini, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pemantapan Organisasi (PPO) yang diselenggarakan pada hari Minggu, 19 Maret 2023, berlokasi di Aula Nazir Alwi Fakultas Kedokteran Gigi (Jalan Alumni No. 2 Kampus USU), dengan tema “THE FUN BEGIN”. Makna dari tema ini adalah untuk menjadikan PPO sebagai suatu awal untuk memulai kehidupan organisasi di KMB-USU, karena PPO adalah event sekaligus wadah untuk meningkatkan skill para peserta dalam berorganisasi. “THE FUN BEGIN” juga menjelaskan bahwa kehidupan dalam sebuah organisasi tidak hanya memberikan rasa lelah, stress, dan kelelahan semata. Namun, bila dijalani dengan baik, kehidupan organisasi juga dapat memberikan kesenangan, keseruan, dan pengalaman yang menyenangkan pada akhirnya. Tapi, tahukah teman-teman bahwa PPO tahun ini sangat special? Karena ini adalah acara PPO yang diselenggarakan pertama kali full offline setelah masa pandemi. Untuk itu, mari kami ceritakan beberapa keseruan acara PPO KMB-USU 2023!!!

Kegiatan PPO KMB-USU 2023 ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan Pembukaan oleh MC, Stewart, serta diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU. Acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Devin Kiemas selaku Ketua Panitia PPO 2023, Albert Tanius selaku Ketua Umum KMB-USU Periode 2023/2024, dan Ibu Julina, B.A., MTCSOL selaku perwakilan Pembina KMB-USU, dan diteruskan dengan penjelasan mengenai sejarah, komite, serta struktur KMB-USU periode 2023/2024 oleh Nelson Thaddeus selaku Ketua Komite KMB-USU Periode 2023/2024.

Sebelum memasuki sesi seminar, MC memperkenalkan secara singkat biodata Narasumber. Narasumber untuk PPO tahun ini adalah Kevin Suwito, salah satu Senior Fakultas Farmasi USU 2019, yang sudah memiliki banyak pengalaman di dalam dunia organisasi dan aktif di KMB-USU. Kemudian MC mempersilahkan Narasumber untuk naik ke atas panggung dan memulai sesi Seminar. Seminar dengan judul “Fun in Organization” ini berlangsung selama 50 menit dan ditambah dengan sesi Tanya Jawab (QnA) selama 10 menit. Jadi, disini ada banyak tips and trick juga knowledge yang diberikan seperti gritty leadership, coping mechanism, time management, yang pastinya berguna di kehidupan organisasi dan dapat diaplikasikan dalam daily life oleh semua peserta.

Setelah sesi Seminar selesai, acara dilanjutkan dengan sesi Games. Sebelum memainkan games, semua peserta dibagi menjadi 6 kelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 5 orang dan dipandu oleh satu Penanggung Jawab (PJ) Team. MC juga tentunya tidak lupa mengenalkan PJ masing- masing kelompok kepada semua peserta. Kemudian PJ menghampiri kelompoknya, disini PJ memperkenalkan diri dan mengajak peserta untuk saling berkenalan antara sesama anggota kelompok. Di sela-sela itu, mereka juga menyiapkan nama kelompok dan yel-yel kelompok. Karena PPO adalah wadah untuk meningkatkan jiwa leadership, maka nama-nama kelompok yang dibuat juga merupakan cerminan sifat positif dari seorang leader, antara lain Adil, Visionaris, Dominasi, Solid, Kharismatik, dan Profesional. MC beserta panitia pun tak ketinggalan berkeliling memantau progress peserta serta menuju masing-masing kelompok untuk menanyakan nama kelompok beserta yel-yel dan makna dibaliknya.

Ada funfact nih, karena PPO adalah kegiatan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam organisasi, maka dresscode yang dipakai oleh peserta adalah warna merah karena melambangkan keberanian seperti seorang pemimpin. Nah, terdapat 2 sesi Games dalam acara PPO kali ini loh teman-teman. Dimana sesi 1 dan sesi 2 memiliki durasi masing-masing 60 menit dengan keseluruhan total waktu 2 jam. Ada 3 pos dalam setiap sesi, setiap pos akan mempertemukan 2 kelompok dan akan dipandu oleh PIC masing-masing games. Sesi 1 yang terdiri dari games “Make the Shape!”, “Move the Plastic Cups”, dan “Throw the Bottle Cups” ini memiliki tujuan untuk mendekatkan dan membangun kekompakan antar setiap peserta yang berasal dari fakultas yang berbeda-beda. Sedangkan sesi 2 yang terdiri dari games “Sudoku”, “Move 1 of the Chopsticks”, dan “Sneak a Peak and Draw It!” bertujuan mengembangkan kreativitas sekaligus melatih bagaimana cara untuk berpikir kritis serta mempunyai kemampuan problem-solving yang baik. Dalam semua sesi Games ini, setiap kelompok akan berlomba untuk memenangkan games agar bisa memperoleh point yang akan mereka tukarkan nantinya untuk membeli peralatan tulis di sesi Study Case. Dengan berakhirnya sesi Games, para peserta diberikan waktu untuk istirahat makan siang (lunch break) selama 50 menit.

Selanjutnya masuk ke sesi puncak acara PPO, yaitu sesi Study Case. Pada sesi ini peserta diajak untuk mengenal dunia kepanitiaan dan mengembangkan kemampuan berorganisasi. Para peserta berada tetap dalam kelompok yang sama seperti games sebelumnya. Konsep Study Case ini adalah peserta akan membentuk dan mempromosikan kepanitian-kepanitian yang ada dalam KMB-USU yaitu Workshop, Waisak, dan Porseni. Perwakilan kelompok mengambil kertas undian yang berisikan tema kepanitiaan dan PJ kelompok menukarkan point dari sesi Games yang telah diperoleh ke meja yang dijaga oleh 3 panitia. Masing-masing kelompok diberikan waktu 2 jam untuk berdiskusi, membuat konsep acara, men-design poster, dan mempromosikan kepanitiaan mereka ke semua panitia yang ada di venue acara.

Setelah 2 jam berlangsung, tibalah pada sesi Penjurian, dimana juri yang berjumlah 3 orang akan menilai hasil kerja dan presentasi setiap kelompok. Seiring dengan itu, setiap PJ akan mewawancara setiap anggota kelompoknya dalam sesi Interview. Sembari menunggu proses penilaian dari juri dan interview oleh PJ, semua peserta menikmati konsumsi yang dibagikan oleh panitia dalam sesi Snack Time.

Di penghujung acara, peserta diberikan penjelasan mengenai kesimpulan acara PPO KMB-USU 2023 oleh perwakilan panitia. Setelah selesai mendengarkan kesimpulan acara, tibalah pada saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap peserta, yaitu sesi Pengumuman Pemenang yang akan diumumkan oleh MC. Sesi Study Case PPO tahun ini dimenangkan oleh Kelompok Dominasi dengan topik Workshop : “Cuan dari Tiktok”.

Acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada semua peserta oleh ketua panitia. Sertifikat diberikan kepada semua peserta sebagai tanda apresiasi karena telah mengikuti seluruh kegiatan PPO dari awal rangkaian acara hingga akhir. Setelah itu, acara PPO KMB-USU diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama dengan semua peserta, PJ, panitia, serta pengurus, juga penutupan oleh MC.

Acara PPO ini adalah kesempatan yang sempurna bagi peserta untuk meningkatkan relasi mereka dengan orang-orang baru, memperkuat kekompakan tim, dan menambah pengetahuan dan wawasan melalui berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, acara ini juga memberikan pengalaman berorganisasi yang tak terlupakan bagi peserta, yang dapat membantu mereka dalam pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan. Dengan begitu banyak manfaat yang bisa didapat, tidak heran jika acara ini menjadi acara yang dinantikan dan akan diingat oleh peserta untuk waktu yang lama sebagai unforgettable experience.

Demikianlah cerita seru PPO KMB-USU 2023. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada semua panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara PPO KMB-USU 2023 ini. Dan juga terima kasih pada semua peserta luar biasa yang sudah berpartisipasi dengan aktif dan semangat di sepanjang acara.

So, are you guys are ready? Cuz The Adventure in Organization will Begin Now!

Nah, acaranya sangat seru bukan? Bagi teman-teman yang ingin tahu informasi acara seru selanjutnya dari KMB-USU, yuk ikuti akun Instagram @kmb_usu. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Sampai jumpa lagi di acara KMB-USU selanjutnya! Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.