Icon 459
Apr, 2023

Magha Puja KMB-USU 2566 B.E./2023

Author
admin

Halo semuanya!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Gimana nih kabar kalian semua? Semoga teman-teman selalu dalam keadaan sehat ya. Nah, jadi pada tempo hari, tepatnya pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023, kita memperingati perayaan Hari Suci Magha Puja. Magha Puja merupakan salah satu dari 4 Hari Raya Suci yang cukup penting bagi para penganut agama Buddha. Nah, Magha Puja itu sendiri memperingati 4 peristiwa penting loh, antara lain:

  • Berkumpulnya para Bhikkhu yang berjumlah 1250 orang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Para Bhikkhu yang berkumpul telah mencapai tingkat kesucian dan memiliki kemampuan Abhinna.
  • Mereka ditahbiskan dengan memakai ucapan "Ehi Bhikkhu".
  • Sang Buddha membabarkan "Ovadapatimokkha" kepada para Bhikkhu.

Seperti yang kita ketahui, 3 tahun terakhir ini pandemi π˜Ύπ™€π™«π™žπ™™-19 melanda berbagai negara di dunia sehingga semua kegiatan berlangsung secara 𝘰𝘯𝘭π˜ͺ𝘯𝘦. Kini kondisi sudah kian membaik maka hal ini menjadi kabar baik bagi kita semua dan menambah semangat anggota KMB-USU untuk merayakan hari suci Magha Puja 2566 B.E./2023 secara 𝘧𝘢𝘭𝘭 𝘰𝘧𝘧𝘭π˜ͺ𝘯𝘦yang terdiri dari kebaktian dan kunjungan kasih yang diselenggarakan dalam 2 hari. Kebaktian dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 di Vihara Mahasampatti lantai 4 yang dihadiri oleh peserta secara 𝘰𝘧𝘧𝘭π˜ͺ𝘯𝘦. Magha Puja tahun ini mengusung tema β€œπ‘­π’–π’π’ 𝑯𝒆𝒂𝒓𝒕 π’Šπ’ 𝑭𝒖𝒍𝒍 𝑴𝒐𝒐𝒏” yang memiliki makna memperingati hari suci Magha Puja di bulan purnama dengan hati yang penuh dengan kedamaian dan suka cita.

Acara Magha Puja yang dilaksanakan oleh KMB-USU tahun ini dihadiri langsung oleh Y.M. Bhante Hitako yang membabarkan Dhammadesana tentang pentingnya menjaga emosi di dalam diri kita agar tetap bisa merasakan suka cita di hati. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Saudari Madeline Wijaya sebagai MC pada acara ini. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia acara Magha Puja KMB-USU 2566 B.E./2023 yaitu Saudara Jhonny Kinata, diikuti oleh ketua KMB-USU periode 2023/2024 yaitu Saudara Albert Tanius. Setelah sesi kata sambutan, dilanjutkan dengan sesi kebaktian. Sesi kebaktian dipimpin oleh Saudara Nicholas Gunawan dan Saudari Winnie Aurelia Tanthonius. Setelah sesi kebaktian selesai, dimulai sesi meditasi, Dhammadesana, pelimpahan jasa, dan 𝘣𝘭𝘦𝘴𝘴π˜ͺ𝘯𝘨𝘴 yang dibawakan langsung oleh Y.M. Bhante Hitako. Untuk menutup akhir acara, dilakukan sesi dokumentasi berupa foto bersama dengan hadirin yang hadir.

Selain mengadakan acara kebaktian Magha Puja KMB-USU 2566 B.E./2023, KMB-USU juga mengadakan kegiatan sosial berupa kunjungan kasih ke Panti Asuhan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia yang dilaksanakan sehari setelah acara kebaktian yaitu pada tanggal 12 Maret 2023. Pada saat kunjungan kasih, panitia melakukan penyuluhan dengan topik "Cara Mencuci Tangan Yang Benar". Pada penyuluhan tersebut, panitia pembawa materi menjelaskan kiat mencuci tangan yang benar serta mempraktekkannya bersama dengan anak-anak panti asuhan. Selain itu, panitia menyalurkan bantuan berupa donasi dari para donatur dengan memberikan donasi berupa uang, baju, sembako, dan materi lainnya.

Nah, acaranya seru banget bukan? Jika teman-teman tidak ingin ketinggalan dengan acara yang akan dilaksanakan KMB-USU ke depannya, jangan lupa untuk 𝘧𝘰𝘭𝘭𝘰𝘸 akun Instagram @𝙠𝙒𝙗_π™ͺ𝙨π™ͺ supaya kamu selalu bisa 𝘢𝘱π˜₯𝘒𝘡𝘦 mengenai info terbaru dari KMB-USU.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dalam beraktivitas di luar sana, ya!

Kami dari seluruh panitia Magha Puja KMB-USU 2566 B.E./2023 mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh peserta yang sudah hadir serta donatur dan juga pihak yang telah membantu dalam keberlangsungan acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Mari bertemu lagi di 𝘦𝘷𝘦𝘯𝘡-𝘦𝘷𝘦𝘯𝘡 KMB-USU selanjutnya! 𝘚𝘦𝘦 𝘠𝘒!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.