Icon 103
Dec, 2023

Kathina KMB-USU 2567 B.E. / 2023

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman semua!

KMB-USU baru saja mengadakan suatu acara untuk memperingati hari suci Kathina 2567 B.E./2023. Hari suci Kathina adalah salah satu hari besar dalam agama Buddha yang dirayakan sebagai peringatan berakhirnya masa Vassa para anggota Sangha. Masa Vassa adalah masa musim hujan yang berlangsung selama tiga bulan, yaitu sehari setelah bulan purnama penuh di bulan suci Asadha (Juli) sampai sehari sebelum hari Kathina (Oktober). Selama masa Vassa, para anggota Sangha akan berdiam di suatu tempat yang ditentukan untuk membina diri dengan baik melalui meditasi dan mempelajari Buddha Dhamma untuk diketahui dan dikhotbahkan kepada masyarakat Buddhis.

Kita sebagai umat Buddha diberikan kesempatan untuk membuat kebajikan dengan memberi persembahan empat kebutuhan pokok kepada anggota Sangha, yaitu civara (jubah), pindapata (makanan), senasana (tempat tinggal), dan bhesajja (obat-obatan).

Kathina tahun ini dilaksanakan dengan mengangkat tema “Light of Blessing Throughout Cakkavala”, acara peringatan hari suci Kathina 2567 B.E./2023 KMB-USU diselenggarakan di Vihara Metta Jaya pada hari Minggu, 5 November 2023. Tema ini memiliki makna bahwa memberikan persembahan kepada anggota Sangha yang merupakan salah satu bentuk persembahan tertinggi di seluruh alam semesta (cakkavala). Dalam memberikan persembahan, diharapkan dapat memperoleh kebajikan dan menyebarluaskannya bagai cahaya anugerah untuk seluruh makluk hidup.

Kathina KMB-USU 2567 B.E./2023 dihadiri oleh Y.M. Bhikku Athiviro, Y.M. Bhikku Tejavanno, Y.M. Bhikku Hitesaka, Y.M. Khemapañño, Y.M. Bhikku Abhakaro, dan Y.M. Bhikku Siripañño. Acara ini dibuka oleh Wella Evelin Wijaya sebagai MC dan kata-kata sambutan oleh Alwin Liufandy sebagai ketua panitia, Albert Tanius sebagai ketua KMB-USU periode 2023/2024, dan Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S sebagai perwakilan pembina KMB-USU. Acara dimulai dengan persembahan Amisa Puja. Persembahan Amisa Puja yaitu berupa lilin, air, makanan, manisan, obat-obatan, buah, dupa, bunga, pohon bodhi, dan cetiya. Acara kemudian dilanjutkan dengan kebaktian yang dipimpin oleh Daniel dan Sherly. Setelah itu, peserta kebaktian juga mendengarkan Dhammadesana oleh Y.M. Bhikku Athiviro. Setelah sesi Dhammadesana, masuk ke sesi Kathina Dana yaitu sesi persembahan kepada para anggota. Acara kemudian dilanjutkan dengan penutupan acara oleh MC dan diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Sekian dulu teman-teman untuk artikel acara Kathina KMB-USU 2567 B.E./2023. Untuk teman-teman yang ingin mengikuti acara lain yang diselenggarakan oleh KMB-USU, jangan lupa di-follow akun instagram @kmb_usu supaya tidak ketinggalan informasi terbaru dari KMB-USU.

Kami dari panitia Kathina KMB-USU 2023 mengucapkan terima kasih dan sampai jumpa di acara KMB-USU selanjutnya!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.