Icon 95
Dec, 2022

Kathina KMB-USU 2566 B.E./2022

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Pada bulan Oktober-November, umat Buddha memiliki hari besar yang istimewa loh! Yaitu Hari Suci Kathina.

Teman-teman tahu nggak apa itu Hari Suci Kathina?

Jadi, Hari suci Kathina adalah salah satu hari besar dalam Agama Buddha yang dirayakan di bulan Kattika dalam kalender Buddhis. Hari suci ini dirayakan atas ungkapan terima kasih kepada anggota Sangha yang telah menjalankan masa Vassa.

Masa Vassa itu sendiri adalah masa musim hujan yang berlangsung selama tiga bulan lamanya, yaitu sehari setelah bulan suci Asadha sampai sehari sebelum hari Kathina di mana para anggota Sangha akan berdiam di suatu tempat yang telah ditentukan dan bermeditasi serta mempelajari Dhamma untuk diajarkan kepada orang lain.

Pada hari besar tersebut, umat Buddha akan mempersembahkan empat kebutuhan pokok kepada para Bhikkhu, yaitu jubah (civara), makanan (pindapata), tempat tinggal (senasana), dan obat-obatan (bhesajja) atas ungkapan rasa syukur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, KMB-USU juga mengadakan acara untuk memperingati hari Suci Kathina 2566 B.E./2022 dengan mengangkat tema “Give Kindness, Achieve Happiness” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 November 2022. Acara ini diselenggarakan secara full offline setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara online. Oleh karena itu, acara ini sangat dinantikan oleh para umat Buddha apa lagi acara ini dihadiri oleh beberapa Bhikkhu.

Acara Kathina 2566 B.E./2022 KMB-USU diselenggarakan di Vihara Dhamma Wijaya dengan Jocelyn Ang dari jurusan Ilmu Hukum stambuk 2021 sebagai MC yang membuka acara tersebut dan kata sambutan oleh ketua panitia, yaitu Kelvin Kristian dan ketua KMB-USU periode 2022/2023, Albert Yustanto.

Pada acara Kathina ini juga mengadakan amisa puja. Setelah barisan amisa puja melakukan persembahan berupa lilin, air, dupa, bunga, dan buah, maka acara dilanjutkan dengan kebaktian yang dipimpin oleh Justin Mindan dari jurusan Ilmu Administrasi Bisnis stambuk 2021 dan Aisha Lawi jurusan Teknik Kimia Stambuk 2021. Para umat juga mendengarkan Dhammadesana oleh Bhikkhu Addica, lalu masuk ke acara yang paling ditunggu-tunggu dari perayaan Hari Suci Kathina yaitu sesi Kathina Dana oleh para umat yang ingin melakukan persembahan kepada para anggota Sangha. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama para umat Buddha.

Sekian dulu untuk artikel kali ini. Teman-teman jangan sampai ketinggalan acara KMB-USU lainnya yah Karena masih banyak acara yang menunggu kehadiran teman-teman! Untuk mengetahui informasi lainnya follow akun instagram KMB-USU, yaitu @kmb_usu .

Kami segenap panitia Kathina KMB-USU 2022 mengucapkan Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.