Icon 965
Dec, 2021

Kathina KMB-USU 2565 B.E./2021

Author
admin

Jalan-jalan keliling benua

Tidak lupa ziarah ke Bodh Gaya

Halo teman-teman semua

Namo Sanghyang Adi Buddhaya Namo Buddhaya


Ke perpustakaan bareng Wanda

Tidak sengaja bertemu Farhat

Di manapun teman-teman berada

Semoga selalu dalam keadaan sehat


Ehh kok jadi pantun terus sih wkwkw, kita pindah format dulu yaa

Ngomong-ngomong, teman-teman ingat enggak kemarin? Iya kemarin.. hmm, tapi bukan saat ketemu doi ya :v

Nah jadi kemarin, tepatnya tanggal 6 November 2021, KMB-USU kembali melaksanakan acara dalam rangka memperingati hari raya Kathina 2565 B.E./2021 nih...

Pastinya teman-teman tahu dong apa itu hari raya Kathina. Tapi kalau teman-teman belum tahu, yuk simak info berikut ini!

Nah, jadi hari raya Kathina merupakan salah satu hari raya agama Buddha yang biasanya jatuh pada bulan Oktober, tepatnya pada akhir masa Vassa, yang akan berlangsung selama satu bulan. Bagi teman-teman yang belum tahu nih, masa Vassa adalah masa selama tiga bulan di mana anggota Sangha melakukan retret dengan menetap di suatu tempat, biasanya di vihara untuk memfokuskan diri dalam melatih diri memperdalam pengetahuan Dhamma dan bermeditasi. Jadi, pada hari raya Kathina ini, para umat Buddha akan memberikan persembahan kepada anggota Sangha sebagai tanda terima kasih kepada anggota Sangha yang telah menjalankan masa Vassa selama tiga bulan penuh.

Sesuai dengan tujuan dari diperingatinya hari raya Kathina, acara Kathina yang diadakan oleh KMB-USU tahun ini mengungsung tema "Giving Cheerfully, Living Generously" dengan makna memberi dengan ceria dan hidup dengan murah hati, yang berarti pada kesempatan yang ditunggu-tunggu ini, kita diharapkan dapat memberi tanpa rasa penyesalan.

Seperti tahun lalu, Kathina tahun ini juga masih dilaksanakan secara semi-offline, di mana kebaktian dilaksanakan secara langsung di vihara sehingga para peserta dapat menonton secara live melalui platform zoom di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan dalam rangka mengikuti anjuran pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19. Namun, walaupun dilaksanakan secara semi-offline, hal ini tentu saja tidak mengurangi esensi dan makna dari acara Kathina yang dilaksanakan. Biar penasaran, mimin spill dulu deh siapa-siapa saja yang hadir. Biasaa, mimin emang suka buat orang penasaran hihihi... Nah, jadi yang hadir di acara Kathina kemarin ada Y.M. Bhikkhu Thanavaro Mahathera, Y.M. Bhikkhu Thitavamso Thera, Y.M. Bhikkhu Dhammaguno Thera, Y.M. Uttama Citto Thera, Y.M. Bhikkhu Dhirapunno, serta Y.L. Samanera Bodhi.

Hayoo, teman-teman pasti uda makin penasaran kan bagaimana rangkaian acara Kathina kemarin? Cuss langsung saja kita flashback ke acara kemarin yukk!

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC (Natalia Pratamasari), ada juga kata sambutan oleh ketua panitia Kathina KMB-USU 2565 B.E./2021 (Nelson Thaddeus) dan juga ketua KMB-USU 2021/2022 (Leonardo Wijaya). Setelah itu dilanjutkan dengan kebaktian yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian (Leo F. A. dan Carlyncia).

Hmm... kira-kira selanjutnya apa ya? Teman-teman ada yang bisa tebak enggak?

Iyapp benar sekali, yang tak lain dan tak bukan yaitu sesi Dhammadesana oleh Y.M. Bhikkhu Thanavaro Mahathera. Lalu diikuti dengan sesi Kathina dana, di mana persembahan Sangha dana secara simbolis diwakilkan oleh para panitia serta pengurus KMB-USU. Setelah itu, dilanjutkan dengan Blessing oleh Y.M. Bhikkhu Dhammaguno Thera. Dengan berakhirnya sesi Blessing, berakhir pula sesi kebaktian, dan selanjutnya dilanjutkan dengan penutupan oleh MC serta foto bersama dengan para hadirin.

Sekian rangkaian acara Kathina KMB-USU 2565 B.E/2021. Yahh, kok cepat banget sih berakhirnya, perasaan tadi baru pantun pembuka deh. Oiya, bagi teman-teman yang ingin merasakan secara langsung bagaimana keseruan acara Kathina KMB-USU selanjutnya, jangan lupa dipantengin terus ya Instagram KMB-USU di @kmb_usu supaya teman-teman enggak ketinggalan juga dengan acara-acara KMB-USU lainnya!


Kesayangan nenek si kakaktua

Indah bulunya, nyaring kicauannya

Terima kasih teman-teman semua

Sampai jumpa di event-event KMB-USU lainnya!