Icon 131
Dec, 2023

Gathering Day KMB-USU 2023

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya

Pada hari Sabtu-Minggu, 23-24 September 2023 lalu, KMB-USU telah melaksanakan acara Gathering Day KMB-USU 2023 dengan mengangkat tema “Alone Funny Together Funny Funny”. Wah dari temanya saja sudah lucu-lucu nih, pastinya menarik, jadi gimana dengan acaranya?

Acara Gathering Day KMB-USU sendiri merupakan acara tahunan yang dilaksanakan KMB-USU dengan tujuan mempererat hubungan antara sesama mahasiswa baru dengan anggota mahasiswa baru lainnya. Acara Gathering Day ini dikhususkan bagi para mahasiswa baru stambuk 2023 dan yang telah terdaftar sebagai anggota KMB-USU saja loh! Tahun ini, Gathering Day KMB-USU 2023 diselenggarakan secara offline. Berbeda dengan tahun lalu, Gathering Day KMB-USU 2023 ini berlangsung selama 2 hari loh!

Gathering Day KMB-USU 2023 diselenggarakan di Taman Jubileum, Sibolangit. Sebelum berangkat menuju lokasi acara, para peserta berkumpul di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara terlebih dahulu, lalu berangkat bersama-sama menuju lokasi dengan menggunakan bus. Nah, selama perjalanan, panitia membacakan tata tertib dan membagikan sarapan kepada para peserta. Bukan hanya itu saja, ada juga ice breaking yang dibawakan oleh panitia agar menghilangkan rasa bosan para peserta selama perjalanan dan juga bernyanyi bersama di bus. Perjalanan berlangsung selama satu jam tiga puluh menit. Sesampainya di Taman Jubileum, para peserta membawa barang bawaan dan berkumpul di area lapangan.

Acara dibuka oleh Felicia Davinsen dari Kedokteran Gigi dan Kelvin Kristian dari Teknik Kimia, stambuk 2021 selaku MC Gathering Day. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KMB-USU, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Gathering Day KMB-USU 2023, Joffin Sigmund Perdana, dan Ketua Umum KMB-USU Periode 2023/2024, Albert Tanius. Selesainya pemberian kata sambutan dari 2 sosok penting pada acara kali ini, para peserta berkenalan dengan para PJ dan Panitia yang akan menemani mereka selama acara berlangsung.

Para peserta dibagi menjadi 7 kelompok yang bertemakan kartun. Setelah berkenalan, para PJ bergabung bersama dengan para peserta. Mereka pun saling berkenalan satu sama lainnya, dan bekerja sama untuk membuat yel-yel kelompok yang lucu-lucu. Setelah berkenalan dan membuat yel-yel kelompok, para peserta diarahkan menuju ruang makan untuk makan siang bersama-sama terlebih dahulu. Setelah makan siang, sesi berikutnya adalah games outdoor! Masing-masing kelompok akan menuju pos permainan yang sudah ditentukan. Nah, di sana mereka akan bertemu dengan kelompok lawan dan akan bersaing untuk memenangkan games dan mendapatkan poin di pos games itu. Dengan kerjasama, strategi, dan perjuangan yang tiada henti akhirnya sesi games pun berakhir.

Berakhirnya sesi games pos outdoor, peserta diarahkan untuk menuju hall tempat para peserta menginap bersama. Setelah sesampainya di hall, para peserta beristirahat sebentar sambil mempersiapkan yel-yel kelompok masing-masing, karena sesi selanjutnya adalah penampilan yel-yel kelompok. Tentu saja karena mereka mempersiapkan yel-yel, selanjutnya adalah sesi penampilan yel-yel kelompok. Setelah penampilan yel-yel setiap kelompok, para peserta mulai menyusun barang bawaan, mandi dan beristirahat sejenak hingga malam hari pun tiba.

Malam hari dimulai dengan sesi makan malam bersama di ruang makan. Setelah makan malam, sesi pun dilanjutkan dengan sesi Bonfire. Di sesi Bonfire ini, para peserta berkumpul di lapangan mengelilingi sebuah api unggun yang dinyalakan oleh panitia dengan perjuangan yang besar. Setelah itu, MC membawakan sesi perenungan yang bertemakan Perkuliahan. Sesi perenungan ditutup dengan MC memberitahukan poin-poin yang dikumpulkan oleh masing-masing kelompok selama sesi games outdoor, sekaligus mengakhiri sesi pada malam hari tersebut.

Hari kedua pun tiba, para peserta bangun dan diarahkan menuju ke lapangan untuk mengikuti sesi senam yang dibawakan oleh para panitia. Setelah sesi senam selesai, para peserta pun mulai sarapan terlebih dahulu dan beberes sejenak. Acara dilanjutkan dengan sesi Treasure Hunt. Sesi Treasure Hunt kali ini dibawakan oleh MC secara langsung. Para peserta menyimak peraturan Treasure Hunt yang dibacakan oleh MC, dan Treasure Hunt pun dimulai. Para peserta mulai mencari clue yang didapatkan melalui pos games yang tersembunyi dan tersebar di area lapangan tentunya. Setelah satu jam, semua kelompok mengumpulkan seluruh clue yang didapatkan dan mulai bekerja sama untuk menyelesaikan clue yang diberikan.

Dari clue yang diselesaikan, para peserta bergegas menuju lokasi yang telah ditentukan oleh clue tersebut. Di sana, para peserta akan menyelesaikan games puncak yaitu menyalakan lilin. Tentu saja tidak semudah itu dong, ada juga rintangan yang diberikan panitia pada lintasan yang dilalui oleh para peserta. Meskipun awalnya para peserta berpisah-pisah dalam bentuk kelompok, mereka sadar bahwa hanya kebersamaanlah yang bisa menyelesaikannya. Lalu para peserta pun berkumpul dan bekerja sama untuk menyalakan lilin. Karena kebersamaan para peserta, panitia yang memberi rintangan pun kewalahan dan hingga para peserta pun berhasil menyelesaikan games puncak.

Setelah games puncak selesai, para peserta kembali menuju hall. Selama sesi istirahat ini, para peserta mengisi sebuah kertas untuk pemilihan Mr. and Mrs. Gathering Day KMB-USU 2023 yang diberikan oleh para panitia. Setelah istirahat, hari pun menjadi siang dan para peserta makan bersama. Setelah makan siang, tibalah waktunya MC membacakan kelompok pemenang, panitia ter-ter dan Mr. dan Mrs. Gathering Day KMB-USU 2023. Pengumuman tersebut menjadi akhir dari rangkaian acara Gathering Day KMB-USU 2023 tahun ini. Acara yang telah berlangsung selama dua hari itu pun ditutup oleh MC dan didokumentasikan bersama.

Wah seru banget yah acara Gathering Day KMB-USU 2023 tahun ini!

Jadi, jangan sampai ketinggalan acara-acara seru lainnya dari KMB-USU! Pantengin terus media sosial dari KMB-USU terutama profil Instagram @kmb_usu ya! Agar tidak ketinggalan info-info acara lain yang gak kalah seru dari Gathering Day KMB-USU 2022 ini.

Kami dari seluruh panitia Gathering Day KMB-USU 2022 mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa baru yang telah mengikuti acara ini.

Sampai bertemu di acara KMB-USU selanjutnya ya! Semoga teman-teman dalam keadaan sehat selalu.

Anumodana