Icon 120
Dec, 2023

Bakti Sosial KMB-USU 2023

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman semua! Bagaimana kabarnya? Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan yang sehat yaa!

Beberapa waktu yang lalu, KMB-USU kembali mengadakan acara bakti sosial, nih! Bakti sosial telah menjadi kegiatan rutin yang telah diadakan oleh anggota KMB-USU setiap tahunnya. Kegiatan sosial ini merupakan wujud nyata dari KMB-USU sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Pada tahun ini, acara Bakti Sosial KMB-USU diadakan pada hari Minggu, 12 November 2023 yang lalu. Bakti Sosial KMB-USU 2023 dilaksanakan di Desa Pergulaan, Dusun V, Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai dari pagi hingga sore, loh! Apa saja nih keseruan yang ada pada acara bakti sosial tahun ini? Yuk kita simak!

Panitia Bakti Sosial KMB-USU 2023 telah mempersiapkan kegiatan ini dari jauh hari, mulai dari penentuan tema hingga menentukan kegiatan apa saja yang akan diadakan. Tema yang diangkat adalah "𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘢𝘯𝘥, 𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵, 𝘌𝘯𝘥𝘭𝘦𝘴𝘴 𝘞𝘢𝘳𝘮𝘵𝘩". Tema ini terinspirasi dari tujuan utama bakti sosial, yaitu memberi ataupun membagikan sedikit yang kita punya, baik itu waktu, tenaga, maupun materi. Kata "𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘢𝘯𝘥" merupakan simbol memberi yang artinya sebagai bentuk pelayanan dari KMB-USU kepada masyarakat. Kata "𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵" merupakan simbol ketulusan hati KMB-USU dalam memberikan pelayanan. Sedangkan kata "𝘌𝘯𝘥𝘭𝘦𝘴𝘴 𝘞𝘢𝘳𝘮𝘵𝘩" merupakan simbol harapan dan doa dari segenap keluarga KMB-USU agar masyarakat dapat merasakan kehangatan yang diberikan. Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, KMB-USU mengharapkan melalui acara bakti sosial ini, sesama anggota KMB-USU dapat menumbuhkan rasa cinta kasih dan kepedulian kepada masyarakat.

Acara Bakti Sosial tahun ini, dimulai dengan pembukaan oleh Satyavira Prathama selaku MC pada pukul 09.30 pagi. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Bakti Sosial KMB-USU 2023, yaitu saudara Stewart dan kata sambutan dari Ketua KMB-USU 2023/2024, yaitu saudara Albert Tanius. Bakti Sosial KMB-USU 2023 dilaksanakan dengan dengan 3 kegiatan utama, yaitu penyuluhan, pengecekan kesehatan, dan kegiatan khusus untuk anak-anak. Penyuluhan diberikan kepada masyarakat oleh tim medis dengan topik Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyuluhan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat tentang pentingnya mencegah DBD dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. Masyarakat yang telah mendaftar juga diarahkan menuju ruang pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan mulut dan gigi, dan pemberian obat. Setiap pengecekan kesehatan ini dilakukan secara gratis, tanpa memungut biaya serta juga diberikan obat secara gratis, loh! Selain itu, terdapat kegiatan khusus yang dapat diikuti anak-anak. Anak-anak diajak seru-seruan bareng dengan bermain games dan juga diberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan melalui movie time. Games yang diadakan juga beragam mulai dari bermain kelereng, menebak kata, dan membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas.

Masyarakat terlihat sangat antusias selama mengikuti rangkaian acara, namun keadaan tetap tertib dan teratur. Kehadiran KMB-USU diterima dengan sangat baik oleh masyarakat setempat tanpa ada perasaan canggung satu sama lainnya. Panitia Bakti Sosial KMB-USU pun turut merasakan sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat. Harapan KMB-USU adalah agar melalui acara ini, KMB-USU dapat lebih dikenal sebagai wadah bagi mahasiswa/i USU untuk menyebarkan cinta kasih kepada sesama.

Kegiatan Bakti Sosial KMB-USU 2023 tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dari pihak sponsor dan donatur. Kami mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dan donatur yang telah memberikan dukungan sehingga acara bakti sosial tahun ini dapat terwujudkan. Kegiatan bakti sosial ini juga tidak luput dari perhatian dan usaha panitia untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Terima kasih kepada setiap panitia yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan acara Bakti Sosial KMB-USU 2023.

Sekian acara Bakti Sosial yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis dengan tema "𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘢𝘯𝘥, 𝘖𝘯𝘦 𝘏𝘦𝘢𝘳𝘵, 𝘌𝘯𝘥𝘭𝘦𝘴𝘴 𝘞𝘢𝘳𝘮𝘵𝘩". Ditunggu yaa kegiatan Bakti Sosial tahun 2024 nanti! Jangan lupa untuk terus memantau IG @kmb_usu agar tidak ketinggalan berita untuk kegiatan seru lainnya, ya!