Icon 427
Dec, 2022

Bakti Sosial KMB-USU 2022

Author
admin

Namo Buddhaya, salam sehat teman-teman se-Dharma, KMB-USU ada kegiatan yang seru nih, mari kita simak!

Setiap jajaran Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) menjadi saksi perjalanan kegiatan sosial yang dilakukan oleh anggota KMB-USU sebagai salah satu bukti nyata dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu acara rutin pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya adalah Bakti Sosial. Acara rutin ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kasih (Metta) dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Pada tahun ini, tepatnya pada hari Minggu, 13 November 2022, KMB-USU mengadakan acara Bakti Sosial di SDN 105364 Lubuk Rotan, Dusun III Lubuk Rotan, Kabupaten Serdang Bedagai dengan tema “One Action for Million Smiles” sebagai salah satu bentuk loyalitas mahasiswa/i Buddhis Universitas Sumatera Utara terhadap masyarakat, dengan turut menebarkan Cinta Kasih dan Kasih Sayang (Metta dan Karuna) kepada masyarakat di daerah tersebut baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelum acara Bakti Sosial diadakan, pengumpulan dana dilakukan dengan menjual berbagai makanan ringan dan frozen food dengan sistem pre-order, selain itu panitia juga turut menyediakan jasa pengisian kuesioner dan jasa ketik, dimana keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ini digunakan sepenuhnya untuk kegiatan Bakti Sosial KMB-USU. Selain itu, berkat kemurahan hati dari para sponsor, donatur dan media partner, acara Bakti Sosial tahun ini dapat terwujudkan.

Pada Minggu, 13 November 2022, tepat di pagi hari yang cerah, seluruh panitia beserta dengan para relawan dengan penuh semangat dan pikiran positif mengunjungi SDN 105364 Lubuk Rotan bersama-sama. Seluruh panitia beserta dengan relawan berkumpul di Gedung Pancasila untuk bersiap-siap berangkat ke lokasi acara yang dituju dengan memakan waktu perjalanan selama 1 jam. Setiba di lokasi acara, masyarakat yang berada di sekitar SDN 105364 Lubuk Rotan sangat antusias menyambut kedatangan KMB-USU.

Acara Bakti Sosial KMB-USU 2022 dimulai dengan pembukaan oleh Gracelyn Tanaka selaku Master of Ceremony/MC yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Hans Allen Gunawan selaku Ketua Panitia Bakti Sosial 2022, Albert Yustanto selaku Ketua KMB-

USU periode 2022/2023, dan Bapak H. Darma Wijaya selaku Bupati Serdang Bedagai. Setelah kata sambutan berakhir, acara Bakti Sosial dilanjutkan dengan sesi penyuluhan kesehatan untuk orang dewasa dan penyuluhan kesehatan gigi untuk anak-anak, dengan harapan dapat menjadi bekal bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan di era endemic Covid-19. Kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi Medical Check-Up dan Pengobatan serta Pembagian Sembako secara gratis untuk orang dewasa. Tak kalah seru juga, ada sesi bermain games untuk anak-anak, supaya anak-anak tidak menunggu dengan bosan serta dapat melatih komunikasi dengan rekan sebaya maupun abang-kakak dari KMB-USU.

Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh para panitia, masyarakat dan anak-anak yang mengikuti kegiatan melangkah pulang dengan hati yang gembira. Mereka terlihat sangat menikmati acara yang telah diselenggarakan dan sangat menerima kehadiran dari KMB-USU tanpa adanya rasa canggung. Hasil seperti ini yang diharapkan dari kegiatan Bakti Sosial. Tidak hanya memberikan materi kepada masyarakat namun turut menyebarkan cinta kasih, kasih sayang, dan kebahagiaan dengan suatu aksi nyata kepada sesama. Semoga dengan terlaksananya acara ini, KMB-USU dapat dikenal sebagai salah satu organisasi yang menjadi wadah bagi mahasiswa/i untuk tetap berbuat kebajikan.

Sekian acara Bakti Sosial yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis dengan tema “One Action for Million Smiles”. Sampai jumpa lagi pada kegiatan Bakti Sosial 2023! Jangan lupa check IG KMB-USU untuk kegiatan seru lainnya, hanya di @kmb_usu