Icon 884
Jan, 2022

Bakti Sosial KMB-USU 2021

Author
admin

Selama 29 tahun berdiri, KMB-USU dalam perjalanannya telah banyak melakukan kegiatan sosial sebagai wujud nyata dalam pengabdiannya kepada masyarakat. Salah satunya yaitu acara bakti sosial yang diadakan setiap tahunnya. Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, diharapkan dapat meringankan beban dari saudara-saudara yang membutuhkan sebagai tujuan kami untuk menyebarkan kebaikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Sumatera Utara (KMB-USU) tepat pada hari Minggu, 14 November 2021, mengadakan acara Bakti Sosial di Panti Asuhan Lestari dengan tema “Spreading Kindness to Make a Better Living” sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan rasa kasih sayang kami kepada anak-anak di panti asuhan.

Selama beberapa minggu sebelum kegiatan bakti sosial diadakan, Panitia Bakti Sosial KMB-USU mengumpulkan dana dengan cara menjual berbagai macam makanan seperti dimsum, frozen food, dan brownies dengan sistem pre-order dimana keuntungan yang diperoleh dari penjualan tersebut sepenuhnya digunakan untuk kegiatan bakti sosial ini. Selain itu, berkat adanya bantuan dari para donatur dan media partner yang telah berjasa menyebarkan informasi mengenai kegiatan bakti sosial ini, acara ini pun akhirnya dapat terwujudkan.

Pada hari Minggu, 14 November 2021. Di pagi hari yang cerah, seluruh panitia bersemangat sekali karena hari ini merupakan hari dimana KMB-USU akan berkunjung ke Panti Asuhan Lestari. Seluruh panitia berkumpul terlebih dahulu di Sekretariat KMB-USU untuk bersiap-siap dan berangkat ke Panti Asuhan tersebut bersama-sama. Perjalanan ke panti asuhan tersebut memakan waktu sekitar 30 menit. Setiba di lokasi, anak-anak di Panti Asuhan Lestari dengan antusias menyambut kedatangan KMB-USU. Karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan perilaku 3M. Para anak-anak di panti asuhan juga diminta untuk saling menjaga jarak satu sama lain dan juga diwajibkan mengenakan masker.

Acara Bakti Sosial KMB-USU 2021 dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony/MC (Vanesa Teresya) kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Bakti Sosial KMB-USU (Muliawan), Ketua KMB-USU (Leonardo Wijaya), Pembina KMB-USU (Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S.) dan diakhiri dengan kata sambutan dari Pihak Panti Asuhan Lestari (Dani). Setelah kata sambutan berakhir, acara bakti sosial ini pun dilanjutkan dengan berbagai games seru, baik yang dimainkan secara individu maupun berkelompok. Games tersebut dipandu oleh penanggung jawab (Beatrice Nathania dan Henry) dan beberapa orang panitia. Selama games berlangsung, anak-anak terlihat senang dan bergembira bersama-sama. Dengan diadakannya games tersebut diharapkan kami dapat menghibur dan memberikan semangat kepada anak-anak di Panti Asuhan mengingat mereka sudah tidak memiliki orang tua.

Selain games, acara Bakti Sosial ini pun dikemas dengan Penyuluhan Cita-Cita yang dibawakan oleh Cindy Clara dan Vannesa. Tentu saja, selain bersifat edukatif, dengan diadakannya penyuluhan cita-cita ini, diharapkan anak-anak di Panti Asuhan Lestari mendapatkan gambaran mengenai masa depan dan mencapai cita-cita mereka nantinya. Di samping itu, adapun Penyuluhan Corona yang dibawakan oleh Erick Yinarta dan Kelvin Ngjelraldo. Penyuluhan kali ini cukup unik, karena anak-anak selain dilibatkan secara langsung, materi yang digunakan dibuat menarik, sehingga lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh anak-anak pada umumnya. Selama penyuluhan, anak-anak di Panti Asuhan juga diajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar dan dihimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dimanapun berada.

Setelah melalui beragam kegiatan, seluruh panitia beserta pihak dan anak-anak panti melakukan foto bersama. Muliawan selaku perwakilan dari KMB-USU, menyerahkan donasi berupa sembako kepada Dani yang merupakan pengurus di Panti Asuhan Lestari dan diikuti dengan sesi pembagian makan siang kepada anak-anak panti.

Diakhir sesi bakti sosial, adik-adik panti menampilkan penampilan yang memukau dengan menyanyikan lagu yang berjudul “Sayonara” dan lagu-lagu ciptaan dari Panti sendiri sebagai lagu kebanggaannya. Mereka terlihat senang dan bisa menerima kehadiran KMB-USU tanpa ada rasa canggung sekalipun. Bahkan setelah acara telah selesai, mereka masih ingin bermain dengan panitia untuk berbagi canda, tawa, cerita, dan pengalaman. “Inilah yang KMB-USU harapkan dari kegiatan bakti sosial ini. Tidak hanya materi yang kita berikan, tetapi canda, tawa, kasih sayang, dan kebahagiaan merupakan tujuan utama kami untuk dapat saling berbagi terhadap sesama”.