Icon 291
Oct, 2023

Asadha KMB-USU 2567 B.E./2023

Author
admin

Halo teman-teman semua! Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Pada bulan Agustus tahun 2023, KMB-USU mengadakan acara dalam rangka memperingati Hari Raya Asadha 2567 B.E./2023 yang merupakan hari besar nan suci bagi umat Buddha yang diperingati pada bulan ke-8 kalender lunar. Hari Raya Asadha adalah perayaan yang memperingati 3 peristiwa penting, di antaranya yaitu Sang Buddha pertama kalinya membabarkan Dhamma kepada lima petapa (Kondañña, Bhadhiya, Vappa, Mahānāma, dan Assaji) di Taman Rusa Isipatana, terbentuknya Sangha pertama, dan lengkapnya Tiga Permata/Ti-Ratana (Buddha, Dhamma, Sangha). Sutta yang pertama kali dibabarkan oleh Sang Buddha ini kemudian disebut sebagai Dhammacakkappavattana Sutta yang mana membahas mengenai Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Mulia Berunsur Delapan.

Dalam memperingati Hari Raya Asadha 2567 B.E./2023, pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, KMB-USU mempersembahkan acara perayaan Asadha dengan tema “Noble Truths, Noble Path”. Acara Hari Raya Asadha tahun ini menghadirkan host Arifin Halim, CSM® yang akan memandu Dhammatalk dengan topik “Strengthening mindset: The effectiveness of religious life in overcoming FOMO” dan menghadirkan Y.M. Bhikkhu Dhirapuñño selaku narasumber, serta dr. Wijaya Taufik Tiji, M.Ked., Sp.KJ sebagai praktisi ahli pada bidang ilmu psikologi. Acara Asadha tahun ini diselenggarakan secara offline di Uniland Lt.8, tepatnya Jl. M. T. Haryono no A-1, Kec. Medan Timur, Kota Medan. Acara kali ini juga dihadiri oleh pembina, pengurus, anggota KMB-USU, alumni KMB-USU, tamu undangan, masyarakat umum lainnya dengan jumlah seluruh peserta mencapai ± 170 orang.


Acara Asadha KMB-USU 2567 B.E./2023 dimulai dengan pembukaan oleh MC, saudara Stewart, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua panitia Asadha KMB-USU 2567 B.E./2023, yaitu saudara Kevin, ketua KMB-USU periode 2023/2024, yaitu saudara Albert Tanius, dan pembina KMB-USU, yaitu Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Dhammapada oleh saudara Willsen Huang dan saudari Qhelen Mayline Chandra yang disambung Penampilan Vokal oleh Randi Ryan Fangestu yang merupakan juara Buddhist Idol 2022. Acara dilanjutkan dengan Sesi Dhammatalk, disambung dengan sesi tanya jawab yang dibawakan oleh host, bhante, dan praktisi. Setelah sesi Dhammatalk, dilanjutkan sesi blessing yang dipimpin oleh Y.M. Bhikkhu Dhirapuñño, yang pada akhirnya ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada Bhante. Kemudian penyerahan sertifikat kepada host, praktisi, dan para sponsor yang telah mendukung acara Asadha KMB-USU 2567 B.E./2023 tahun ini. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penutupan acara oleh MC.





Gimana? Acaranya seru banget, kan? Bagi teman-teman yang ingin mengikuti acara KMB-USU lainnya, jangan lupa follow akun Instagram KMB-USU, @kmb_usu, agar mendapatkan informasi ter-update dari KMB-USU. Sampai jumpa di acara KMB-USU selanjutnya! 👋

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.