Icon 518
Sep, 2022

Asadha KMB-USU 2566 B.E./2022

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman! Gimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Jadi, beberapa waktu lalu, KMB-USU mengadakan acara untuk memperingati Hari Raya Asadha 2566 B.E./2022.

Hari Raya Asadha merupakan salah satu hari raya bagi para murid Sang Buddha. Nah, kebetulan tahun ini jatuh pada tanggal 13 Juli 2022. Hari Raya Asadha ini memperingati pertama kalinya Dhamma dibabarkan oleh Sang Buddha kepada lima petapa (Kondañña, Bhadhiya, Vappa, Mahānāma, dan Assaji) di Taman Rusa Isipatana. Sutta yang pertama kali dibabarkan oleh Sang Buddha ini kemudian disebut sebagai Dhammacakkappavattana Sutta yang mana membahas mengenai Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Mulia Berunsur Delapan. Pada hari itu juga petapa Kondañña mencapai pencerahan dan ditahbiskan dengan “Ehi-Bhikkhu”. Hal ini membuat Tiratana yang terdiri dari Buddha, Dhamma dan Sangha menjadi lengkap.

Untuk memperingati Hari Raya Asadha 2566 B.E./2022, pada hari Minggu, 24 Juli 2022 ini, KMB-USU mengadakan acara dengan tema “Be Blessed and Be a Blessing”. Acara kali ini berisi Dhammatalk yang bertemakan “Find a Way To Be Blessed” yang dibawakan oleh Y.M. Bhikkhu Paññasami Thera selaku narasumber dan saudara Budiman, DMd®. selaku moderator. Acara Asadha tahun ini diadakan secara full offline di Vihara Dharma-Cakra Buddhist Centre, dihadiri oleh pembina, pengurus, anggota, alumni KMB-USU, tamu undangan, serta para masyarakat umum lainnya. Jumlah peserta perayaan Hari Asadha ini mencapai ± 80 orang loh!

Acara Asadha KMB-USU 2566 B.E./2022 dimulai dengan pembukaan oleh MC, Josceline Siawinnata kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia yaitu saudara Albert Tanius, ketua KMB-USU periode 2022/2023 yaitu saudara Albert Yustanto, dan pembina KMB-USU yang diwakilkan oleh Ibu Julina, B.A., MTCSOL. Setelah itu dilanjutkan dengan kebaktian yang dibawakan oleh pemimpin kebaktian saudara Andre Baressa dan saudari Herlina yang disambung dengan sesi Dhammatalk, lalu dilanjut dengan sesi tanya jawab, serta kuis yang dibawakan oleh moderator dan Bhante yang pada akhirnya ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada Bhante. Oh ya, setelah kuis Bhante menyerahkan hadiah secara langsung kepada pada hadirin yang menjawab kuis dengan benar loh. Kemudian penyerahan sertifikat kepada moderator, vihara, dan para sponsor. Setelah itu, MC menutup acara dan dilanjut oleh sesi foto bersama dengan para hadirin.

Nah, gimana? seru kan? Bagi teman-teman yang ingin mengikuti acara KMB-USU lainnya yang tak kalah seru, jangan lupa follow akun Instagram KMB-USU, @kmb_usu ya teman-teman untuk mendapatkan informasi ter-update dari KMB-USU. Sampai jumpa di acara KMB-USU lainnya!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.