Icon 73
Apr, 2024

Magha Puja KMB-USU 2567 B.E./2024

Author
admin

Halo semuanya!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Gimana kabar teman-teman semua? Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat ya. Nah, pada bulan Februari kemarin, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2024, kita memperingati perayaan Hari Suci Magha Puja. Magha Puja merupakan salah satu dari 4 Hari Raya Suci yang penting bagi para penganut agama Buddha. Nah, Magha Puja itu sendiri memperingati 4 peristiwa penting loh. Kira-kira hari Magha Puja memperingati peristiwa apa saja ya?

Hari Magha Puja memperingati empat peristiwa, yakni:

  • Berkumpulnya para Bhikkhu yang berjumlah 1250 orang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Para Bhikkhu yang berkumpul telah mencapai tingkat kesucian dan memiliki kemampuan Abhinna.
  • Mereka ditahbiskan dengan memakai ucapan "Ehi Bhikkhu".
  • Sang Buddha membabarkan “Ovāda Pāṭimokkha” kepada para Bhikkhu.

Pada tahun ini, KMB-USU merayakan hari suci Magha Puja 2567 B.E./2024 dengan melaksanakan kebaktian dan kunjungan kasih yang diselenggarakan dalam 2 hari. Kebaktian dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 di Vihara Buddharatana yang dihadiri oleh tamu undangan dan peserta kebaktian. Magha Puja tahun ini mengangkat tema “𝑻𝒉𝒐𝒖𝒔𝒂𝒏𝒅 𝑳𝒐𝒗𝒆𝒔 𝒐𝒏 𝑹𝒆𝒑𝒆𝒕𝒊𝒕𝒊𝒐𝒏” yang memiliki makna KMB-USU akan menyebarkan cinta kasih setiap tahunnya melalui kunjungan kasih dalam rangka memperingati hari Magha Puja.

Acara Magha Puja yang dilaksanakan oleh KMB-USU tahun ini dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Cirajayo yang membabarkan Dhammadesana. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Saudari Crysthalia Sutandy sebagai MC pada acara ini. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia acara Magha Puja KMB-USU 2567 B.E./2024 yaitu Saudara David Hartono, diikuti oleh ketua KMB-USU periode 2024/2025 yaitu Saudara Elbert Ewaldo, dan pembina KMB-USU yaitu Dr. Robert, S.H., M.H. . Setelah sesi kata sambutan, dilanjutkan dengan sesi kebaktian yang dipimpin oleh Saudara Erick Jensen Vasia dan Saudari Siva Cintya. Setelah sesi kebaktian selesai, dilanjutkan dengan sesi meditasi, Dhammadesana, pelimpahan jasa, dan 𝘣𝘭𝘦𝘴𝘴𝘪𝘯𝘨𝘴 yang dibawakan langsung oleh Y.M. Bhikkhu Cirajayo. Dilakukan sesi dokumentasi berupa foto bersama dengan para hadirin untuk menutup acara.

Sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “𝑻𝒉𝒐𝒖𝒔𝒂𝒏𝒅 𝑳𝒐𝒗𝒆𝒔 𝒐𝒏 𝑹𝒆𝒑𝒆𝒕𝒊𝒕𝒊𝒐𝒏”, KMB-USU juga mengadakan kegiatan sosial berupa kunjungan kasih ke Panti Asuhan Sendoro yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2024. Pada saat kunjungan kasih, panitia melakukan penyuluhan dengan topik "Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut". Pada penyuluhan tersebut, panitia pembawa materi menunjukkan video dan mempraktikkan cara sikat gigi yang benar. Lalu, diadakan sesi games untuk mengetahui pemahaman anak-anak panti mengenai materi yang sudah dijelaskan. Selain itu, panitia menyalurkan bantuan dari para donatur dengan memberikan donasi berupa uang dan sembako.

Nah, acaranya seru banget bukan? Jangan lupa untuk 𝘧𝘰𝘭𝘭𝘰𝘸 akun Instagram @𝙠𝙢𝙗_𝙪𝙨𝙪 supaya kamu selalu bisa 𝘶𝘱𝘥𝘢𝘵𝘦 mengenai info terbaru dari KMB-USU.

Kami dari seluruh panitia Magha Puja KMB-USU 2567 B.E./2024 mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh peserta yang sudah hadir serta donatur dan juga pihak yang telah membantu dalam keberlangsungan acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Mari bertemu lagi di 𝘦𝘷𝘦𝘯𝘵-𝘦𝘷𝘦𝘯𝘵 KMB-USU selanjutnya! 𝘚𝘦𝘦 𝘠𝘢!

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.