Icon 264
Dec, 2020

Kathina KMB-USU 2564 B.E./2020

Author
admin

Agama Buddha memiliki 4 hari besar, salah satunya adalah Kathina. Kathina merupakan salah satu hari besar dalam Agama Buddha, dimana anggota Sangha telah selesai melatih diri selama masa vassa 3 bulan. Perayaan Kathina diadakan sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasihnya umat Buddha kepada anggota Sangha yang telah melewati masa vassa, yaitu dengan mempersembahkan dana berupa keperluan sehari-hari seperti jubah, obat-obatan, makanan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan suci para Bhikkhu. KMB-USU merupakan salah satu organisasi Buddhis yang memperingati Kathina setiap tahunnya, dimana terdapat rangkaian acara yang beragam.

Pada tahun ini, KMB-USU menyelenggarakan acara Kathina dengan tema “Endless Blessing Comes from A Simple Way of Kindness” yang memiliki makna bahwa sebuah tindakan atau bantuan sederhana yang anda lakukan dapat menjadi suatu hal yang sangat berarti bagi orang lain. Dengan berdana, anda tidak hanya berbuat baik kepada orang lain, melainkan anda juga mendapatkan keuntungan yaitu dimana anda menumbuhkan karma baik untuk hari esok ataupun kehidupan berikutnya. Acara yang diselenggarakan pada tahun ini tentunya berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dimana acara pada tahun ini diselenggarakan secara daring/online. Walaupun demikian, hal tersebut tidak membuat semangat panitia menurun dalam menyukseskan acara Kathina ini secara maksimal.

Perayaan Kathina KMB-USU diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2020 dengan menggunakan aplikasi zoom. Kathina KMB-USU. Terdapat banyak sekali kegiatan dalam acara Kathina KMB-USU 2020, yaitu terdapat sesi kebaktian, sharing, blessing, dan Kathinadana. Terdapat beberapa pembicara pada sesi sharing/Dhammatlk ini, yaitu Y.M Bhante Thitavamso Thera, Y.M Bhante Dhirapunno, Y.M Bhante Dhammaguno, dan Y.M Bhante Amarapanno. Keempat Bhante tersebut berasal dari aliran Theravada. Pada puncak acara tersebut, dapat terlihat bahwa baik panitia ataupun para hadirin sangat antusias dan aktif mengikuti dan mendengarkan sharing Dhamma. Hal ini terlihat jelas dimana pada saat sesi tanya jawab, para hadirin aktif bertanya dan memberikan tanggapan mereka.

Akhir dari acara Kathina KMB-USU tahun ini ditutup dengan sesi foto Bersama yang dipandu oleh panitia. Kami berharap dengan diadakannya Kathina 2564 B.E./2560 ini, dapat membuat semua orang untuk selalu bermurah hati dan mendapatkan manfaat yang berlimpah dari acara Kathina ini dan juga semoga semua orang terutama umat Buddha dapat ikut-serta dalam memperingati hari Kathina setiap tahunnya.