Icon 312
Sep, 2020

E-Porseni KMB-USU 2020

Author
admin

Namo Sanghyang Adi-Buddhaya

Namo Tassa Bhagavato Arahatto Sammasambuddhasa

Namo Sabbe, Bodhisatvaya-Mahasatvaya,

Hi peeps! Sedikit cerita yah mengenai E-Porseni KMB-USU 2020 yang baru berlalu. Jadi E-Porseni KMB-USU adalah Pekan Olahraga dan Seni yang dilaksanakan melalui media elektronik atau online. Acara E-Porseni ini dapat diikuti oleh semua anggota KMB-USU maupun alumni loh! Tak lupa juga dalam E-Porseni ini juga mempunyai jajaran kepanitiaan yang menyusun, merencanakan dan menjalankan acara ini dari awal hingga akhir acara. Tahun ini kami mengangkat tema “Dare Your Limit!” sebagai tema E-Porseni KMB-USU 2020. Acara Porseni KMB-USU ini biasanya dilaksanakan selama 3-4 bulan, kebetulan E-Porseni kali ini sudah dipersiapkan dari pertengahan bulan Juni dan berakhir di awal bulan September ini. Time flies for sure!

Acara E-Porseni KMB-USU ini dilaksanakan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan antara Mahasiswa Buddhis USU, mengeksplorasi minat dan bakat yang terpendam dalam masing-masing anggota KMB-USU. Dikarenakan tahun ini E-Porseni harus diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan, yaitu menghindari keramaian, maka peserta E-Porseni tahun ini akan ditantang untuk memainkan games secara online yang tentunya akan sangat seru. Ada beberapa bidang perlombaan untuk pelaksanaan E-Porseni KMB-USU kali ini, yakni terdapat bidang Publikasi dan Dokumentasi, bidang Buddhist and Lifestyle, bidang E-Sport, dan bidang Seni. Terdapat beberapa games yang diperlombakan secara berkelompok dan individu. Seperti E-Sport misalnya lebih cenderung berkelompok untuk perlombaannya, sedangkan seni lebih cenderung pertandingan antar individu. Nah, dari masing-masing lomba yang ada, akan ditentukan pemenang berdasarkan hasil pertandingan. Lalu pada akhirnya, kami akan mencari tim manakah yang akan menjadi juara umum 1, 2, dan 3. Untuk mencari juara umum 1, 2, dan 3 tersebut, akan diberlakukan sistem perhitungan poin berdasarkan jenis medali/piala yang diperolehdari setiap cabang lomba.

Bidang pertama yang ada dalam kepanitiaan E-Porseni ini adalah bidang Publikasi dan Dokumentasi. Nah, bidang ini yang bertugas untuk membuat poster, broadcast message, template hasil pertandingan, template jadwal pertandingan, dan dokumentasi selama acara berlangsung. Kalian pasti ada melihat postingan poster-poster tentang E-Porseni KMB-USU kan?? Nah itu adalah hasil dari bidang Publikasi dan Dokumentasi ini, juga masih banyak lagi hasil poster dan dokumentasi yang tentunya sudah diunggah di Instagram @kmb_usu. Check it out guys!!

Bidang kedua adalah bidang Buddhist and Lifestyle. Dalam E-porseni KMB-USU 2020 bidang Buddhist and Lifestyle memiliki 4 jenis perlombaan diantaranya, Catur, Othello Quest, Line Let’s Get Rich, dan Quiz. Ada yang diselenggarakan dengan menggunakan aplikasi dan link yang telah tersedia dan dirancang oleh panitia bidang Buddhist and Lifestyle sesuai dengan kebutuhan perlombaan. Terdapat beberapa lomba yang mewajibkan peserta untuk mengunduh aplikasi permainan seperti: Lomba Othello Quest dan Line Let's Get Rich. Terdapat juga perlombaan yang menggunakan link permainan, dimana peserta diminta untuk masuk ke link tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia, seperti: Lomba Quiz yang menggunakan link Kahoot!, dan Lomba Catur yang memakai link Lichess. Dalam pelaksanaanya masing-masing perlombaan memiliki waktu pertandingan tersendiri, seperti: perlombaan Othello Quest, Line Let’s Get Rich, dan Quiz yang dilaksanakan selama 2 hari untuk penyisihan hingga final, hanya perlombaan catur yang memerlukan waktu selama 3 hari untuk penyisihan hingga final.

Adapun hasil dari setiap perlombaan pada bidang Buddhist and Lifestyle, yakni: Pada perlombaan Catur yang berhasil meraih Juara 1 adalah tim Semper Fidelis, Juara 2 diraih oleh tim Masih Loading, dan Juara 3 berhasil diraih oleh tim Fear of Goat (FoG). Perlombaan kedua dari bidang Buddhist and Lifestyle adalah perlombaan Othello Quest, dalam perlombaan ini yang berhasil meraih Juara 1 adalah tim Masih Loading, Juara 2 diraih oleh tim GGMU, dan Juara 3 berhasil diraih oleh tim Brave Hearts. Berikutnya adalah perlombaan Line Let’s Get Rich yang berhasil meraih Juara 1 adalah tim SOLid Gen 20, Juara 2 diraih oleh tim Brave Hearts, dan Juara 3 berhasil diraih oleh tim Masih Loading dalam permainan ini. Dilanjutkan dengan perlombaan terakhir dari bidang Buddhist and Lifestyle ini adalah Quiz. Yang berhasil meraih Juara 1 dari perlombaan ini adalah tim Semper Fidelis, Juara 2 diraih oleh tim SOLid Gen 20, dan Juara 3 berhasil diraih oleh tim Fear of Goat (FoG).

Next yuk kita lanjut kebidang E-Sport! Bidang E-Sport memperlombakan 4 games, yaitu Mobile Legends, PUBGM, Magic Chess, dan Clash Royale. Perlombaan E-Sport dimulai pada hari Minggu, 2 Agustus 2020 dan berakhir pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020. Tentunya dalam pelaksanaan perlombaan E-Sport ada diselingi perlombaan dari bidang-bidang lain. Dalam pelaksanaan perlombaan E-Sport cenderung pertandingan antar kelompok, namun untuk games Clash Royale pertandingan antar perwakilan individu dari masing-masing kelompok.

Adapun hasil dari setiap perlombaan pada bidang E-Sport ini, yakni: pada perlombaan Mobile Legends yang berhasil meraih Juara 1 adalah tim Brave Hearts, sedangkan Juara 2 diraih oleh tim Fear of Goat (FoG), dan Juara 3 untuk perlombaan ini berhasil diraih oleh tim Semper Fidelis. Perlombaan kedua dari bidang E-Sport adalah PUBGM yang berhasil menjadi Juara 1 adalah tim Brave Hearts, dilanjutkan Juara 2 berhasil diraih oleh tim Semper Fidelis, dan untuk Juara 3 berhasil diraih oleh tim Masih Loading. Berikutnya adalah perlombaan Magic Chess, dalam perlombaan ini tim Brave Hearts kembali berhasil meraih posisi pertama, dilanjutkan dengan Juara 2 diraih oleh tim Semper Fidelis, dan Juara 3 berhasil diraih oleh tim Fear of Goat (FoG). Dilanjutkan dengan perlombaan terakhir dari bidang E-Sport ini adalah Clash Royale. Tim yang berhasil meraih Juara 1 dalam perlombaan ini adalah tim Masih Loading, Juara 2 berhasil diraih oleh tim Semper Fidelis, dan Juara 3 dalam perlombaan ini adalah tim GGMU.

Last but not least adalah dari bidang Seni nih! Perlombaan E-Porseni bidang seni terdiri dari E-Porseni Dance, Foodtography, E-Porseni Idol dan Design Poster dilaksanakan secara online melalui gadget masing-masing peserta pada tanggal 26 Juli 2020. Dalam pelaksanaannya, setiap peserta yang mengikuti lomba E-Porseni Dance dan E-Porseni Idol wajib mengunggah video tarian maupun nyanyiannya pada IGTV masing-masing paling lambat tanggal 9 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk perlombaan Foodtography dan Design Poster, peserta diwajibkan untuk mengirimkan file ke email panitia yang sudah tertera pada peraturan bidang Seni paling lambat tanggal 9 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Perlombaan E-Porseni bidang Seni dapat berjalan lancar juga karena adanya partisipasi dari semua juri yang sudah memberikan penilaian dan komentar yang terbaik. Adapun juri untuk perlombaan E-Porseni Dance yaitu Ms.Evarista Gani, Ms.Agnes Lois Wijaya dan Ms.Delvina Janice. Juri Foodtography terdiri dari Bapak Ahmad Mansuri, ST, Ars, MT, Bapak Stanley dan Ibu Edlin Jap. Selanjutnya juri dari perlombaan E-Porseni idol terdiri dari Mr.Vicky Vendy, S.Kom, Ms.Erni, S.Si dan Ms.Angel Chen serta Juri Design Poster terdiri dari Bapak Eric Leonard, Bapak Ahmad Mansuri, ST, Ars, MT dan Bapak Ricky Martin. Tentu kami tahu bahwa semua peserta dan juri sudah memberikan yang terbaik. Good job everyone!

Hasil dari perlombaan E-Porseni bidang seni ditampilkan pada Acara ‘Nonton Bareng’ yang diadakan via Zoom pada tanggal 23 Agustus 2020 pukul 14.00. Adapun hasil perlombaan E-Porseni bidang Seni adalah sebagai berikut: Juara I E-Porseni Dance oleh Santana Fourtune dari tim Masih Loading, Juara II diraih oleh Stephanie Marceau dari tim Brave Hearts dan JuaraIII diraih oleh Chyntia Caroline dari tim SOlid Gen 20. Dalam perlombaan Foodtography yang Juara I adalah Dennis Lie dari tim SOlid Gen 20, Juara II diraih oleh Cindy Leandra dari tim Masih Loading, dan Juara III berhasil diraih oleh Muliawan dari tim Brave Hearts. Berikutnya adalah perlombaan E-Porseni Idol, Juara I E-Porseni Idol berhasil diraih oleh Kevin Ricardo dari tim Brave Hearts, Juara II diraih oleh Kristin Halim dari tim Semper Fidelis, dan Juara III diraih oleh Vinny Agustine dari tim Fear of Goat (FoG). Dilanjutkan dengan perlombaan terakhir dari bidang Seni adalah Design Poster. Juara I diraih oleh Xixilia Sunaryo, Cindy Leandra dan Winny Lesmana dari tim Masih Loading, Juara II diraih oleh Irvan Chandra dari tim Brave Hearts, dan Juara III diraih oleh Albert dari tim SOlid Gen 20.

Panitia menyadari bahwa di dalam pelaksanaan Acara E-Porseni KMB-USU 2020 mengalami beberapa kendala, namun akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Adapun kendala, kesalahan dan kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan E-Porseni KMB-USU 2020 adalah bersifat di luar kehendak panitia dan panitia juga menyadari untuk harus lebih banyak belajar lagi dalam dunia kepanitiaan, panitia juga tentunya membutuhkan bimbingan dari senior-senior yang sudah lebih berpengalaman. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kami dari segenap panitia E-Porseni KMB-USU 2020 memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan dan kekurangan yang ada selama berlangsungnya acara. Semoga dengan adanya kritik dan saran yang datang dari berbagai pihak dapat memberikan masukan yang membangun dan memberikan kami suatu pegangan untuk dapat bekerja lebih baik lagi di masa yang akan datang. Adapun yang kami harapkan setelah berakhirnya E-Porseni KMB-USU tahun ini, yaitu terjalinnya hubungan baik sesama anggota tim maupun antar tim dan semua panitia E-Porseni KMB-USU 2020 tentunya. Kami segenap panitia E-Porseni KMB-USU 2020 mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta E-Porseni KMB-USU 2020 dan juga selamat kepada para pemenang perlombaan E-Porseni tahun ini! Untuk peserta yang belum berhasil menjadi juara di E-Porseni kali ini jangan berkecil hati, kami tunggu di Acara Porseni tahun depan ;D!

“Keterbatasan jarak bukanlah penghalang untuk kita berkarya!”

Dare your limit!!

Namo Buddhaya


Best regards,
Panitia E-Porseni KMB-USU 2020


Berikut beberapa dokumentasi Penutupan E-Porseni KMB-USU 2020 :