Icon 187
Aug, 2021

Asadha KMB-USU 2565 B.E/2021

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman! Salam sejahtera untuk kita semua. Apa kabar teman-teman hari ini? Semoga selalu dalam keadaan yang baik, sehat dan berbahagia. Jadi, beberapa waktu yang lalu, KMB-USU melaksanakan acara untuk memperingati hari raya Asadha 2565 B.E./2021 nih. Bagi teman-teman yang penasaran bagaimana rangkaian acara Asadha KMB-USU tahun ini, yuk disimak info di bawah ini, ya!

Apa sih yang dimaksud dengan hari raya Asadha? Hari raya Asadha adalah salah satu perayaan yang penting bagi umat Buddha. Pada tahun 2021 ini hari raya Asadha jatuh pada tanggal 24 Juli 2021. Hari raya Asadha adalah perayaan yang memperingati hari pertama kalinya sang Buddha membabarkan Dhamma kepada lima petapa yang bernama Kondañña, Bhadhiya, Vappa, Mahānāma, dan Assaji di Benares ata Taman Rusa Isipatana. Dhamma merupakan dasar ajaran Buddha yang dibabarkan oleh sang Buddha yaitu Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah Berunsur Delapan. Selain itu, hari Asadha juga merupakan awal dari terbentuknya Sangha pertama yaitu petapa Kondanna yang ditahbiskan dengan kata-kata “Ehi Bhikkhu” dan disusul oleh 4 petapa lainnya. Pada saat itu, lengkaplah Tiga Permata atau Tiratana yang berupa Buddha, Dhamma, Sangha. KMB-USU merupakan salah satu organisasi Buddhis yang memperingati hari raya Asadha setiap tahunnya, dimana terdapat rangkaian acara yang beragam.

Dalam rangka memperingati hari raya Asadha 2565 B.E./2021, pada hari Minggu, 1 Agustus 2021, KMB-USU mengadakan acara dengan tema “Implement The Greatest Blessing in Dhamma Giving” dan Talkshow yang dibawakan oleh narasumber (Y.M. Lama Phurbu Tashi Rinpoche) serta moderator (Anggreani Ongga) dan translator (Erica Winata Phenjaya, DMd., S.Pd.B., MM.) dengan topik “Way of Life”. Acara Asadha KMB-USU 2565 B.E./2021 ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom meeting. Adapun tujuan dari diadakannya acara secara online adalah agar semua umat tetap dapat merayakan acara Asadha dan mendengarkan Dhamma di rumah walaupun masih dalam kondisi pandemi. Acara ini dihadiri oleh pembina dan pengurus KMB-USU, anggota KMB-USU, alumni KMB-USU, panitia Asadha KMB-USU 2565 B.E./2021, mahasiswa USU, dan masyarakat umum dengan jumlah mencapai ± 300 orang.

Acara Perayaan Asadha KMB-USU 2565 B.E./2021 dimulai dengan pembukaan oleh MC (Leonardi Sumargo) kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia acara Asadha KMB-USU (Wilbert Bernardi), ketua KMB-USU (Leonardo Wijaya), dan diakhiri dengan kata sambutan dari pembina KMB-USU (Pdt. Drs. Tommy Tantawi, S.Ag., M.S.). Setelah kata sambutan berakhir, acara dilanjutkan dengan kebaktian yang dibawakan oleh

pemimpin kebaktian (Darma Wogisfry dan Arvin). Setelah kebaktian selesai, dilanjutkan dengan sesi talkshow dan dilanjutkan dengan dibukanya sesi tanya jawab ke narasumber. Setelah sesi tanya jawab selesai, maka dilakukan penutupan oleh MC yang diikuti dengan blessing oleh Y.M. Lama Phurbu Tashi Rinpoche lalu dilanjutkan dengan penyerahan e-sertifikat simbolis kepada narasumber, moderator, dan translator yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dengan para hadirin.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mengikuti acara yang diadakan KMB-USU selanjutnya jangan lupa pantengin terus instagram KMB-USU di @kmb_usu ya, agar teman-teman tidak ketinggalan info untuk acara-acara KMB-USU yang lainnya.

Sampai jumpa lagi teman-teman, semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan kita semua dapat berkumpul kembali, ingat untuk tetap jaga protokol kesehatan yah! dan

Seluruh panitia Asadha KMB-USU 2565 B.E./2021 mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur dan juga pihak yang telah membantu dalam keberlangsungan acara ini.

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.