Icon 201
Feb, 2021

Kelebihan Agama Buddha yang Patut Dibanggakan

Author
Kerohanian 2021/2022

Kelebihan Agama Buddha yang Patut Dibanggakan

Agama Buddha merupakan agama dan filsafat yang berasal dari anak Benua India dan meliputi beragam tradisi kepercayaan. Buddha sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu "Budh" yang berarti menjadi sadar, kesadaran sepenuhnya, bijaksana, dikenal, diketahui, mengamati mematuhi.

Buddha diartikan sebagai seseorang yang telah mencapai penerangan atau pencerahan sempurna dan sadar akan kebenaran serta alam semesta. Buddha diagungkan bukan karena kekayaan, keindahan, atau lainya. Beliau diagungkan karena kebaikan, kebijaksaan, dan pencerahan-NYA. Buddha sendiri sebagai sebuah agama yang memiliki beberapa kelebihan. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Agama Buddha Adalah Agama yang Suci

Dalam agama Buddha tidak ada pertumpahan darah. Agama Buddha tidak menyebabkan peperangan. Bahkan Buddha sendiri melarang penyebaran ajaran-NYA melalui senjata dan kekerasan.

2. Dalam ajaran Buddha, Tidak Seorang pun Diperintahkan untuk Percaya

Sang Buddha tidak pernah memaksa seseorang untuk mempercayai ajaran-Nya.Buddha bahkan menyarankan "jangan percaya apa yang kukatakan padamu sampai kamu mengkaji dengan kebijaksanaan kamu sendiri secara cermat dan teliti apa yang kukatakan" Jadi jelas ajaran Buddha memberikan kemerdekaan atau kebebasan berpikir.

3. Buddha Mengajarkan Belas Kasih yang Universal

Buddha mengajarkan kita untuk menebar kasih sayang dan cinta kasih kepada semua makhluk tanpa terkecuali. Kasih sayang dan cinta kasih harus dipancarkan kepada semua makhluk hidup termasuk hewan sekecil apapun.

4. Ajaran Buddha tidak Membedakan Kasta

Buddha mengajarkan bahwa setiap manusia adalah sama. Manusia dapat baik atau jahat bukan karena kasta atau status sosial, bukan pula percaya atau menganut satu ajaran agama. Buddha memandang seseorang baik atau jahat karena perbuatan nya.

5. Agama Buddha Mengajarkan Hukum Sebab Akibat

Buddha mengajarkan segala sesuatu muncul karena ada sebab. Tidak satupun muncul tanpa alasan. Kebodohan, ketamakan, keuntungan, kedudukan, pujian, kerugian, penghinaan, celaan, penderitaan semua adalah akibat dari apa yang anda tabur.

~ To avoid all evil, to cultivate good, and to cleanse one's mind. This the teaching of the Buddhas ~

Sumber : FB Renungan Kehidupan