Icon 297
Jun, 2021

Waisak KMB-USU 2565 B.E./2021

Author
admin

Namo Sanghyang Adi Buddhaya, Namo Buddhaya.

Halo teman-teman! Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga senantiasa sehat di mana pun kita berada. Belum lama ini, KMB-USU menyelenggarakan acara dalam rangka memperingati hari raya Waisak 2565 B.E./2021. Hari raya Waisak memperingati apa saja sih? Nah, bagi yang belum tahu, boleh disimak informasi di bawah ini yah!

Hari raya Waisak memperingati 3 peristiwa penting yang berkaitan dengan kehidupan Buddha, yakni:

  • Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM
  • Pertapa Gotama mencapai penerangan sempurna di Bodhgaya pada tahan 588 SM di usia 35 tahun
  • Buddha Gotama mencapai parinibbana (wafat) di Kusinara pada tahun 543 SM di usia 80 tahun

Karena masih dalam kondisi pandemi, Waisak tahun ini diselenggarakan secara semi-offline dengan mengusung tema “Expand Kindness Through Vesak”. Walaupun demikian, hal ini tidak mengurangi kemeriahan Waisak tahun ini. Selain puja bakti dan Dhammadesana yang menjadi agenda tahunan dalam perayaan Waisak, juga diadakan perlombaan Bernyanyi Lagu Buddhis dan Cerdas Cermat Dhamma yang diikuti oleh pemuda-pemudi Buddhis dari berbagai daerah di Indonesia.

Lomba Bernyanyi Lagu Buddhis dilaksanakan dengan pengumpulan video rekaman bernyanyi para peserta melalui Google Drive pada tanggal 1-23 Mei 2021 yang kemudian dinilai secara langsung oleh juri-juri yang berpengalaman, sedangkan lomba Cerdas Cermat Dhamma berlangsung selama 2 hari melalui 3 babak, yaitu:

  • 29 Mei 2021 - Babak penyisihan dilaksanakan melalui Google Form, dan
  • 30 Mei 2021 - Babak semifinal dilaksanakan melalui Kahoot dan final melalui Zoom.

Selanjutnya, pada Minggu, 6 Juni 2021, dilaksanakan acara puncak perayaan Waisak KMB-USU, yaitu puja bakti dan Dhammadesana yang disiarkan secara langsung dari Vihara Buddha Sujata melalui platform Zoom. Acara Waisak dimulai dengan kata sambutan dari ketua panitia Waisak KMB-USU 2021, ketua umum KMB-USU periode 2021/2022, dan pembina KMB-USU, lalu memasuki sesi utama yaitu kebaktian yang dipimpin oleh saudara Leo Ferdinand Agustinus dan saudari Ellen Manthovani kemudian dilanjutkan dengan Dhammadesana oleh Y.M. Bhikkhu Revata Dhamma. Acara Waisak kali ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Saman oleh anggota dance club KMB-USU dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Cerdas Cermat Dhamma dan Bernyanyi Lagu Buddhis. Tidak hanya itu, acara ini juga disertai dengan Lucky Draw berhadiah E-Money bagi 3 orang lucky reposter Waisak KMB-USU dan yang terakhir, acara Waisak tahun ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para sponsor, yaitu AN JIE, LH Dental & Orthodontic Care, saudara Darwis, dr. Kevin Effendi, dan PT Infiniti International Logistic serta ucapan terima kasih kepada Vihara Buddha Sujata dan semua media partner yang telah bersedia untuk mendukung acara Waisak KMB-USU 2565 B.E./2021.