Icon 1938
Feb, 2017

Happy Chinese New Year 2017

Author
admin

Pada Tahun 2017 ini, Tahun Baru Imlek yang ke-2568 jatuh pada tanggal 28 Januari 2017 dan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 11 Februari 2017. Perayaan tahun baru imlek jatuh pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Tahun Baru Imlek merupakan hari terbesar yang paling ramai dirayakan dalam budaya Tionghoa yaitu dengan memberikan penghormatan pada leluhur maupun anggota keluarga yang telah meninggal, dan juga merupakan suatu momen berharga untuk berkumpul kembali dengan sanak keluarga. Anggota keluarga biasanya berkumpul pada malam tanggal 30 bulan 12 di tahun lama (Sa Cap Me) untuk menikmati suasana kekeluargaan serta bersama-sama menunggu kedatangan tahun baru yang berbahagia dan penuh harapan.

Persiapan untuk tahun baru imlek biasanya dimulai sebelum tahun baru tersebut. Masyarakat suku Tionghoa mulai membersihkan rumah, membersihkan setiap perabotan yang jarang dipindahkan yang diyakini untuk menyapu pergi roh-roh jahat yang bersembunyi. Selain itu, memasangkan pernak-pernik di rumah, makan malam bersama keluarga, memberikan kata-kata penuh harapan, memberikan angpao kepada anak-anak, memakai pakaian baru, saling mengunjungi antar keluarga dan teman-teman, sembahyang leluhur merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam perayaan tahun baru Imlek.

Pada tahun baru Imlek kali ini, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, KMB-USU, sebagai organisasi yang berjalan secara kekeluargaan, memanfaatkan momen ini sebagai suatu momen yang mengingatkan kita semua akan pentingnya kebersamaan. KMB-USU, dalam kesempatan ini membagikan kartu ucapan selamat tahun baru kepada alumni-alumni dalam rangka memperingati Tahun Ayam Api, serta mendoakan semoga pada tahun ini impian-impian dapat menjadi nyata dan kerja keras dapat membuahkan suatu pencapaian.

Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le!